Toyota Fortuner Anti-Peluru Buatan Karawang Diekspor ke Vietnam

Kompas.com - 17/10/2019, 09:02 WIB
Fortuner cash carrier KOMPAS.com/GilangFortuner cash carrier

TANGERANG, KOMPAS.com - Toyota makin gencar menambah volume ekspor ke negara potensial. Salah satu caranya yaitu dengan membuat mobil yang diubah atau yang dikonversi sesuai keperluan khusus.

Selain Fortuner yang diubah jadi mobil patroli ke Bahrain, Toyota juga membuat sport utility vehicle ( SUV) ini dalam varian lain, yakni cash carrier atau mobil pengangkut uang untuk pasar Vietnam yang akan digunakan oleh bank sebagai mobil keamanan.

Baca juga: Toyota Fortuner Jadi Mobil Polisi, Siap Dikirim ke Bahrain

Fortuner cash carrierKOMPAS.com/Gilang Fortuner cash carrier

Erwin Simanjuntak, Deputy GM Product Business Management Division, Toyota Motor Manufacturing Indonesia ( TMMIN), mengatakan, Fortuner cash carrier ini bahkan sudah dikirim sejak Mei 2019.

"Selain Patrol Car yang ke Bahrain kita juga punya Fortuner cash carrier, yang ini kita sudah ekspor ke Vietnam. Pengapalannya awal Mei 2019, kita kirim dua unit," kata Erwin yang ditemui di Tangerang, Rabu (16/10/2019).

Fortuner cash carrier KOMPAS.com/Gilang Fortuner cash carrier

Meski tujuannya untuk pengangkut uang, Fortuner cash carrier tidak dibuat ala blind van. Kursi penumpang tengah tetap dipertahankan, hanya bagian belakang yang disulap jadi brankas tempat penyimpanan uang.

Baca juga: Januari-September 2019, Ekspor CBU Toyota Naik Tipis

"Kita bikin multifungsi jadi hanya yang bagian belakang saja yang untuk cash carrier, tengahnya masih bisa untuk penumpang. Jadi selain untuk cash delivery tetap bisa buat office car, kalau bank mau kunjungan ke konsumen misalnya," katanya

Tahan Peluru

Sekilas tidak ada ubahan berarti di eksterior, Fortuner cash carrier ini masih tampak seperti mobil biasa. Bedanya kaca belakang mulai dari pilar C sudah tahan peluru dan ada tambahan brankas.

Fortuner cash carrier KOMPAS.com/Gilang Fortuner cash carrier

Erwin tidak bisa menjelaskan spesifikasi kaca yang dipakai dan sejauh mana kaca tersebut bisa menahan proyektil peluru, namun dia memastikan semuanya sudah sesuai regulasi mobil pengangkut uang di Vietnam.

"Kita kembangkan mulai dari brankas, tahan api dan tahan peluru. Kaca belakangnya juga tahan peluru, jadi tahan tembakan. Tapi kita tetap buat multifungsi," kata Erwin.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X