Mobil Bekas Kondisi Baik Jarang Tersedia di Jakarta

Kompas.com - 05/10/2019, 12:02 WIB
Di showroom mobil bekas umumnya hanya tersedia VW Beetle, sementara Karmann Ghia sangat jarang tersedia Kompas.com/DioDi showroom mobil bekas umumnya hanya tersedia VW Beetle, sementara Karmann Ghia sangat jarang tersedia

JAKARTA, KOMPAS.com – Mencari mobil bekas kondisi baik butuh kesabaran lebih. Sebab di Jakarta misalnya, mobil-mobil bekas umumnya lebih banyak yang kondisinya jauh dari kata prima.

Konsumen yang mengincar mobil bekas pun harus pintar-pintar memilih, kalau bisa ajak teman yang mengerti dan bisa mengecek mobil. Atau kalau mau yang sudah pasti bagus, carilah mobil bekas di luar Jakarta.

Menurut Bimo Maliki, Owner Malique Selatan Djakarta, showroom mobil lawas di Blok M Mall Lt. Basement, Jakarta Selatan, populasi mobil lawas berkondisi baik jarang tersedia di Jakarta.

Baca juga: Tren Mobil Bekas Pilihan, Harga Rp 100 Jutaan

Mencari mobil bekas yang baik dapat dilihat dari kondisi interior yang masih orisinil dan rapi.Kompas.com/Dio Mencari mobil bekas yang baik dapat dilihat dari kondisi interior yang masih orisinil dan rapi.

“Mungkin masih ada tapi kondisinya sudah banyak yang jelek, entah dimodifikasi, atau karena tidak dirawat,” ujarnya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Karena populasinya yang jarang, harga mobil bekas berkondisi baik di Jakarta harganya jadi terkerek naik. Sebagai ilustrasi, Toyota Great Corolla kondisi lumayan baik di Jakarta dihargai sekitar Rp 60 jutaan sampai Rp 70 jutaan.

Sementara di luar daerah, mobil ini dihargai lebih tinggi, mungkin bisa selisih Rp 10 jutaan. Namun konsumen bisa mendapat unit yang kondisinya lebih baik dari mobil-mobil di Jakarta.

Baca juga: Perluasan Ganjil Genap Dongkrak Penjualan Mobil Bekas

Mesin Honda Civic Genio yang masih dalam kondisi orisinil, bersih tidak ada rembesan dan tanpa modifikasi alias standar.Kompas.com/Dio Mesin Honda Civic Genio yang masih dalam kondisi orisinil, bersih tidak ada rembesan dan tanpa modifikasi alias standar.

Bimo mengatakan, populasi mobil lawas dengan kondisi baik memang banyak tersedia di luar Jakarta. Hal ini pula yang mendasarinya kerap berburu mobil bekas sampai ke luar pulau Jawa.

“Paling jauh saya pernah ke Kalimantan Barat, dan Papua juga pernah. Tapi yang bagus banyak dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, sepengalaman saya paling bagus dari daerah itu,” ujarnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X