Ingat Lagi Pentingnya Pengecekan Radiator Mobil

Kompas.com - 04/10/2019, 11:22 WIB
Ilustrasi memeriksa radiator mobil SHUTTERSTOCKIlustrasi memeriksa radiator mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Radiator adalah komponen penting pada sistem pendinginan di mobil supaya suhu mesin tetap terjaga dan terhindar dari masalah overheat yang berujung mogok. Jadi sudah sewajarnya bagian ini tak luput untuk selalu dilakukan pengecekan.

Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi, menyatakan, penyebab utama terjadi overheat ialah adanya kebocoran pada sirip radiator atau bagian waterpump mobil. Ini terjadi karena korosi di kisi-kisi radiator.

"Baiknya, pergantian air radiator itu setiap 20.000 kilometer atau jika airnya sudah terlihat keruh karena jarang digunakan. Supaya aman, setiap servis berkala minta lakukan pengecekan kembali saja," katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Tips Cara Menyimpan Helm yang Jarang Dipakai

Ilustrasi mengganti air radiatorSHUTTERSTOCK Ilustrasi mengganti air radiator

"Lalu, hindari menggunakan air yang mengandung kotoran dan minyak karena bisa menyebabkan kerak dan karat, sehingga menyumbat lubang yang mengganggu sirkulasinya," ujarnya lagi.

Anjar menyarankan, sebaiknya pengisian air radiator memang menggunakan cairan khusus supaya benar-benar terhindar dari masalah tersebut.

Saat melakukan pengisian cairan radiator sendiri, jangan lupa untuk mematikan mesin dan membiarkannya dingin terlebih dahulu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X