Dihelat Dua Hari, IMX 2019 Sasar Penjualan Lebih Dari Rp 3 Miliar

Kompas.com - 30/09/2019, 11:02 WIB
Pameran Indonesia Modification Expo (IMX) 2019 berselang selama Sabtu (28/9/2019) sampai Minggu (29/9/2019). KOMPAS.com/RulyPameran Indonesia Modification Expo (IMX) 2019 berselang selama Sabtu (28/9/2019) sampai Minggu (29/9/2019).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran Indonesia Modification Expo (IMX) 2019 diharapkan bisa menjadi rangsangan positif bagi industri modifikasi di dalam negeri. Jika melihat jumlah peserta dan tren yang berkembang, hal ini sangat mungkin terjadi.

Ada beberapa indikator yang dapat menjadi penilaiannya, salah satunya adalah penjualan selama pameran berlangsung (28-29/09/2019).

Jika harus membandingkan tahun sebelumnya, total transaksi di IMX 2019 diharapkan bisa di atas Rp 3 miliar.

"Tahun kemarin itu penjualan aftermarket mampu mencapai Rp 3 miliar," kata Ketua National Modificator& Aftermarket Association ( NMAA) sekaligus penyelenggara IMX 2019 Andre Mulyadi saat ditemui di Jakarta, Sabtu (28/9/2019).

Baca juga: Berburu Diskon Paket Modifikasi Xpander di IMX 2019

Karma Body Kit meluncurkan produk baru yaitu paket tambahan eksterior untuk Lamborghini Avantador di IMX 2019KOMPAS.com/Gilang Karma Body Kit meluncurkan produk baru yaitu paket tambahan eksterior untuk Lamborghini Avantador di IMX 2019

Di samping itu, dibandingkan dengan tahun sebelumnya, IMX 2019 mengalami kenaikan jumlah peserta pameran sebesar 30 persen.

Tahun ini, setidaknya ada lebih dari 40 booth yang bergabung, di mana setiap booth bisa menampilkan beberapa merek produk.

"Kenaikan ini bisa terjadi karena pada tahun pertama IMX, dirasa ada angin segar untuk dunia modifikasi tanah air. Saat ini modifikasi pun sedang mengalami perkembangan," ujar Andre.

Berdasarkan pengamatan Andre, penjualan produk aftermarket di IMX 2019 akan lebih banyak didominasi oleh penjualan pelek, sebesar 30 persen hingga 40 persen. Komposisi ini tidak jauh berbeda dengan IMX tahun sebelumnya.

Baca juga: Body Kit Lokal Buat Lamborghini Aventador Meluncur di IMX 2019

Ragam pelek bekas dengan harga menggiurkan di stan Autodistro di IMX 2019.Kompas.com/Donny Ragam pelek bekas dengan harga menggiurkan di stan Autodistro di IMX 2019.

"Karena pelek adalah basic. Orang yang baru ingin memasuki dunia modifikasi, rata-rata dari pelek. Tren pelek pun perubahannya cukup besar dan ragamnya banyak," ujarnya.

Kendati demikian, penjualan bukan yang paling utama pada pameran IMX 2019. "Tetapi ekosistemnya, industrinya. Saat ini kami terapkan kolaborasi supaya antara modifikator dengan industri komponen lokal dan yang berkaitan bertemu serta punya hubungan. Lebih jauh, ini akan menghidupkan modifikasi di Indonesia dan meningkatkan kreatifitas juga," ucap Andre.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X