Anies Sempat Diminta Tidak Buat Pernyataan soal Formula E

Kompas.com - 20/09/2019, 17:14 WIB
Pebalap bersaing dalam lomba Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019. AFP/GETTY IMAGES/David Dee DelgadoPebalap bersaing dalam lomba Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Balap mobil listrik Formula E akan digelar di Jakarta, Juni 2020. Namun sebelum disahkan, Jumat (20/9/2019), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, mengatakan, dia diwanti tidak boleh menceritakan apapun.

Anies mengatakan, pihak Formula E memintanya tidak memberikan pernyataan terkait penyelenggaraan kejuaraan. Sebab dikhawatirkan dapat membuat kota-kota lain yang sebelumnya sudah masuk jadwal jadi cemas.

Baca juga: Ada Embargo, Anies Belum Bisa Bilang Kapan Formula E digelar

"Agak unik, pertama kali dalam sejarah mereka bahwa sebuah kota diselipkan masuk dalam daftar, karena itu menggeser banyak. Itu sebabnya kami dari dulu selalu diwanti-wanti tidak boleh mengumumkan," kata Anies dalam pertemuan sehari sebelumnya, Kamis (19/9/2019).

Anies Baswedan Foto: KOMPAS.com/Aris F Harvenda Anies Baswedan

Anies mengatakan, banyak pihak yang bertanya soal kepastian Formula E Jakarta 2020. Namun karena ada embargo dari pihak Formula E, maka dia tidak bisa menjawab secara pasti soal pertanyaan tersebut.

"Jadi saya sering kali ditanya ini benar pak? Benar? Tolong diyakinkan, ya tidak bisa, karena kami tidak boleh meyakinkan sampai pengumuman. Karena mereka masih dalam proses dengan pihak lain yang sudah ditentukan waktunya, jadi kita nyelip, waktunya mohon jangan diumumkan dulu, karena kita tidak ingin mengganggu rencana persiapan kota lain," kata Anies.

Baca juga: Jakarta Sudah Siap Jadi Tuan Rumah Formula E

Kepastian soal Formula E 2020 bahkan bukan cuma berasal dari publik sendiri tapi luar negeri. Motorsport, pernah mengatakan pihak Formula E membenarkan membidik Jakarta namun itu masih tahap pembicaraan.

Pebalap berlomba melewati tikungan dalam Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.AFP/GETTY IMAGES/David Dee Delgado Pebalap berlomba melewati tikungan dalam Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.

Sedangkan saat itu jadwal Formula E musim 2020 sudah disebar dan hampir final. Beberapa opsi pun coba diberikan, salah satunya memajukan balapan pada akhir tahun ini sekitar Desember 2019.

Opsi lain yang mungkin yakni Juni 2020 dimana Jakarta akan hadir setelah Seoul, Korea Selatan. Sebab secara strategi logistik akan memudahkan penyelenggara ketimbang mereka harus memilih tempat di Eropa atau Amerika.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X