Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik Cocok Dipakai Untuk Drift

Kompas.com - 16/09/2019, 08:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia sudah menyambut era kendaraan listrik. Selain sebagai kendaraan pribadi dan kendaraan umum, tak menutup kemungkinan kendaraan listrik ini juga akan merambah ke dunia balap.

Dipo Dwiki, seorang drifter profesional, mengatakan, bahwa sangat memungkinkan mobil listrik untuk dipakai drifting. Sebab, sudah ada yang menggunakannya di Formula Drift.

Baca juga: Cara Memadamkan Mobil Listrik yang Terbakar, Jangan Pakai Air

"Bahkan, di Formula Drift itu juga sudah memperbolehkan mobil listrik untuk ikut berkompetisi," ujar Dipo, kepada Kompas.com, di sela-sela konferensi pers Indonesia Modification Expo (IMX) 2019, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Dipo, mobil listrik juga sangat bisa untuk dipakai balap drifting. Sebab, untuk kejuaraan balap yang lain, kendala mobil listrik adalah baterainya yang terlalu berat.

"Misalnya, untuk 15 lap saja, itu butuh baterai yang sangat berat. Sedangkan, kalau drifting itu kan hanya dua lap. Bisa ganti baterai dalam waktu yang cepat, karena tidak perlu baterai yang besar atau berat," kata Dipo.

Baca juga: Pemerintah Upayakan Mobil Listrik Nasional Hadir di Tahun 2022

Sementara keunggulan lainnya, menurut Dipo, mobil listrik juga memiliki tenaga dan torsi yang jauh melebihi mobil dengan Internal Combustion Engine (ICE) atau mesin bensin.

"Menurut saya, ke depannya mobil listrik di dunia drifting akan jadi satu tren sendiri nantinya," ujar Dipo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com