Cek Kondisi Mesin Mobil Bisa Dilakukan Sendiri

Kompas.com - 14/09/2019, 08:42 WIB
Ilustrasi pengecekan mesin mobil Kompas.comIlustrasi pengecekan mesin mobil

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengisi waktu luang di akhir pekan bisa dilakukan dengan beragam cara, salah satunya mengecek kondisi mobil agar selalu optimal dipakai sehari-hari. Tak perlu repot ke bengkel, sebab pengecekan ringan sebetulnya bisa dilakukan sendiri di rumah.

Denny Sulistyo, Kepala Bengkel Honda Jakarta Center di Jakarta Pusat, coba kasih tips bagaimana menjaga kondisi mobil agar selalu ‘jos’. Menurutnya, kondisi mobil yang optimal akan memberikan performa baik serta konsumsi bahan bakar yang hemat.

“Paling mudah dengan mengecek kondisi cairan dan pelumasan pada mobil. Bisa dengan memantau oli mesin lewat dipstick, atau melihat reservoir radiator dan minyak rem,” ujarnya.

Baca juga: Jangan Asal Bersihkan Ruang Mesin Mobil, Ada Risikonya

Dipstick Oli Mesin mobilistimewa Dipstick Oli Mesin mobil

“Kalau berkurang, berada di bawah indikator, cukup ditambahkan saja. Sebab penggantian harus mengikuti jarak tempuh pemakaiannya,” lanjut Denny kepada Kompas.com belum lama ini.

Pemeriksaan bila dilanjutkan dengan memantau panel-panel indikator di sekitar spidometer. Denny mengatakan, jika ada sesuatu yang bermasalah pada mobil bakal ditandai dengan lampu indikator yang menyala.

“Selain memantau indikator di layar spidometer atau di sekitar dasbor, pemilik mobil juga bisa sambil mendengarkan langsung suara mesin ketika dinyalakan,” terangnya.

Baca juga: Kenali Penyebab Mesin Mobil Overheat

Suara mesin yang masih halus menandakan mobil berada dalam keadaan yang baik. Sementara jika ada suara-suara aneh yang muncul, atau cenderung menjadi lebih kasar, patut dicurigai ada komponen mesin yang bermasalah.

“Jika demikian mobil harus dibawa ke bengkel untuk dilakukan scanning, barangkali ada yang rusak. Supaya dapat dilakukan pengecekan lebih menyeluruh,” ungkap Denny.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X