Kenali Penyebab Mesin Mobil "Overheat" - Kompas.com

Kenali Penyebab Mesin Mobil "Overheat"

Kompas.com - 12/10/2018, 11:38 WIB
Ilustrasi Overheat di jalan raya.4wheelmuscle.com Ilustrasi Overheat di jalan raya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi yang tidak ingin dialami oleh pengemudi mobil, yaitu tiba-tiba lampu indikator temperatur menyala. Jika seperti itu, artinya mesin mengalami kepanasan atau istilahnya, overheat.

Penyebab masalah itu ternyata cukup banyak, dan bisa terjadi kapan pun apabila ada komponen, seperti radiator, dinamo, hingga ekstra fan tidak berfungsi dengan baik.

"Penyebab utamanya hanya itu. Jadi pastikan air radiator, radiator, motor fan, berfungsi dengan normal," ujar salah satu mekanik dari bengkel AP Speed yang tidak mau disebutkan identitasnya ketika ditemui Kompas.com belum lama ini di kawasan Cipinang Muara, Jakarta Timur.

Mekanik itu menjelaskan, sebagai contoh dinamo motor fan sudah lemah, otomatis kinerja kipas untuk mendinginkan radiator menjadi kurang dan bisa menjadikan suhu lebih panas dari biasanya.

Baca juga: Mobil Pernah "Overheat", Perbaiki sampai Tuntas!

"Seharusnya ketika suhu sudah mulai panas, kipas itu bekerja dengan maksimal. Tetapi kalau tidak berfungsi dengan baik, maka akan muncul lampu indikator suhu. Artinya itu overheat," kata mekanik itu.

Ilustrasi memeriksa radiator mobilSHUTTERSTOCK Ilustrasi memeriksa radiator mobil

Jika mengalami hal seperti itu, menurut Riecky Patrayudha, Assistant to Department Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tidak perlu panik. Paling utama, cari tempat yang sekiranya aman, kemudian matikan mesin sekitar 15-20 menit.

"Setelah itu baru boleh dicek mulai dari air radiator, ekstra fan dan lain sebagainya. Jika tidak ada yang berfungsi seperti biasa, itu yang akan menjadi penyebab mesin overheat," ujar Riecky kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.



Close Ads X