Intip Koleksi Mobil Klasik Presiden Ketiga RI BJ Habibie

Kompas.com - 12/09/2019, 06:32 WIB
Mercedes Benz 300 SL Foto: Goodwood Road & RacingMercedes Benz 300 SL

JAKARTA, KOMPAS.com - Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie menghembuskan nafas terakhir pada Rabu (11/9/2019) pukul 18.03 WIB di RSPAD Gatot Soebroto. Presiden Republik Indonesia ketiga itu meninggal dunia karena sudah berusia tua dan sejumlah organ dalam tubuhnya mengalami degenerasi.

Kepergian BJ Habibie itu meninggalkan duka bagi masyarakat Indonesia. Sebab, beliau merupakan sosok yang baik dan pintar di mata semua orang.

Selain dikenal ramah, ternyata BJ Habibie juga memiliki ketertarikan atau hobi di bidang otomotif. Pria kelahiran Parepare 25 Juni 1936 itu ternyata seorang kolektor otomotif terutama mobil.

Baca juga: Sisi Lain Habibie, Koleksi Banyak Mobil Klasik

Hal itu terungkap dari Kevin Hendrawan, yang pernah berkunjung ke dalam garasi BJ Habibie. Vlogger tersebut sukses dibuat takjub dengan banyaknya koleksi mobil yang mayoritas ialah Mercedes Benz.

"Ini bukan cuma sekedar parkiran, ini kaya basement mall," kata Kevin. "Kalau aku boleh ngomong eyang Habibie ini punya seluruh koleksi Mercy dari sebelum Indonesia merdeka bahkan semuanya ada di sini, you name it, mau apa aja di sini ada," ucapnya Kevin dikutip Kompas.com, Kamis (12/9/2019).

Mercedes Benz 300SL koleksi Mantan Presiden RI ke-3 BJ HabibieFoto: Tangkapan Layar Youtube Channel Kevin Hendrawan Mercedes Benz 300SL koleksi Mantan Presiden RI ke-3 BJ Habibie

Namun dari banyaknya koleksi mobil salah satu yang paling mencuri perhatian ialah Mercedes Benz 300 SL Gullwing. Coupe legendaris yang diproduksi selama tiga tahun antara 1954 hingga 1957.

Mercedes Benz 300SL dengan kode sasis W 198 merupakan salah satu model yang paling dilirik kolektor. Mobil ini pertama kali diperkenalkan di ajang International Motor Sport Show di New York, Amerika Serikat, pada 1954. Secara keseluruhan Mercedes Benz 300SL diproduksi dari tahun 1954 sampai 1963.

Baca juga: Polisi Segera Pasang Kamera Tilang Elektronik di Jalur TransJakarta

Versi gullwing atau pintu bersayap erupakan edisi pertama yang diproduksi dari 1954-1957, sedangkan versi roadster dari 1957-1963.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X