Sudah Resmi Meluncur, Bagaimana Proses R&D Esemka?

Kompas.com - 11/09/2019, 17:01 WIB
Tes Drive Esemka Bima 1.3 Tes Drive Esemka Bima 1.3
|

JAKARTA, KOMPAS.comEsemka yang sudah dinantikan beberapa kalangan akhirnya resmi meluncur pada Jumat (6/9/2019). Namun, kehadiran mobil buatan PT Solo Manufaktur Kreasi ini sampai sekarang masih menimbulkan beberapa pertanyaan.

Misalnya soal riset dan pengembangan (R&D) mobil yang disebut-sebut merupakan rebadge dari merek Changan bertipe Star Truck. Lantas, seperti apa prosesnya?

Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (Imatap) Kemenperin, mengatakan sejak memamerkan Esemka pada sebuah ajang di kantor Kemenperin pada Agustus lalu, mobil ini disebut telah didukung oleh total 25 vendor.

Baca juga: Gaikindo Sebut Esemka Masuk Segmen Khusus

Pekerja merakit mobil pick up di Pabrik Mobil Esemka, Sambi, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019). Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik mobil PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) untuk mulai beroperasi memproduksi mobil. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/foc.ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho Pekerja merakit mobil pick up di Pabrik Mobil Esemka, Sambi, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019). Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik mobil PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) untuk mulai beroperasi memproduksi mobil. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/foc.

“Ini memang sangat menarik karena pemerintah juga akan mendorong R&D melalui PP No. 45/2019 dengan memberikan support tax deduction 300 persen untuk itu, sedangkan untuk vokasi akan dikasih 200 persen,” ujarnya.

Nah kalau dilihat, Esemka ini memang ada divisi R&D, tetapi belum begitu besar,” sambung Putu di hadapan wartawan di Jakarta, pada Rabu (11/9/2019).

Putu mengatakan, Esemka menganut sistem beli putus dengan melakukan beberapa hal yang sama dengan yang sudah dilakukan pabrikan lain. Nantinya Esemka sendiri yang akan menentukan bakal menggunakan komponen dari mana.

Baca juga: Masih Ingat Sukiyat Inisiator Esemka, Ini Komentarnya soal Pabrik Esemka

Pabrik Esemka milik PT Solo Manufaktur Kreasi di Boyolali, Jawa TengahStanly Pabrik Esemka milik PT Solo Manufaktur Kreasi di Boyolali, Jawa Tengah

“Banyak yang melakukan hal serupa, mereka beli putus desainnya. Sehingga prinsipal yang PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) ini punya kewenangan penuh untuk mengembangkan desain selanjutnya secara multi-sourcing,” terangnya.

“Jadi mereka tidak punya batasan untuk gunakan atau kembangkan komponen-komponen yang sudah disediakan maupun diproduksi,” tambah Putu.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X