Calon Mobil Menteri Toyota Crown, Mobil Mewah Penantang Pabrikan Eropa

Kompas.com - 22/08/2019, 17:14 WIB
Toyota Crown Foto: IstimewaToyota Crown
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Crown generasi ke-15 menjadi kandidat terkuat untuk menjadi mobil dinas baru para Menteri Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) masa jabatan 2014-2024.

Berdasarkan spesifikasi yang diberikan pemerintah lewat Keputusan Menteri Keuangan No.577/KM.6/2017 untuk mobil dinas menteri kualifikasi A1, sedan mewah ini masuk dalam persyaratan yakni bermesin 3.500 cc dengan enam silinder.

Toyota Crown merupakan salah satu mobil tertua yang diproduksi Toyota Motor Corporation. Hadir pasca perang dunia ke-2, perjalanan Crown menjadi mobil sedan asal Jepang tak selalu berjalan mulus.

Dilansir dari laman resminya, generasi pertama Toyota Crown hadir pada tahun 1955-1962 dengan nama Toyopet RS (karena menggunakan mesin tipe R 1900 cc dan platform tipe S).

Sedan ini hadir di tengah dominasi pabrikan otomotif Amerika dan Eropa sehingga, respons-nya tidak begitu gemilang.

Baca juga: Harga Toyota Crown Hybrid, Kandidat Mobil Menteri Jokowi

Toyota Crown Generasi PertamaKOMPAS.com/Ruly Toyota Crown Generasi Pertama

Kemudian, mobil dikembangkan menjadi RS20 hingga pada tahun 1959, muncul model facelift Toyota Crown model station wagon, van, dan pikap atau Masterline, panggilan akrabnya.

Masuk tahun 1962 sampai 1966, Toyota merombak hampir keseluruhan mobil ini. Toyota Crown dengan panggilan RS40 kali pertama hadir dalam bentuk sedan.

Pesona Toyota Crown mulai membaik setelah generasi keempatnya hadir pada tahun 1971-an. Mobil tampil dengan tubuh yang lebih besar yang terbagi dalam bentuk station wagon, super saloon, dan sedan, dengan variasi mesin 6 silinder 2.000 cc, 2.300 cc, serta 2.600 cc. Saat itu, mobil mulai banyak digunakan untuk ambulance lokal.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X