Tips Melepas Stiker yang Aman Tanpa Meninggalkan Bekas

Kompas.com - 12/08/2019, 16:01 WIB
Warna cerah dan decal Dayak dipadukan untuk mendukung tampilan trendy Stanly/KompasOtomotifWarna cerah dan decal Dayak dipadukan untuk mendukung tampilan trendy

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan stiker atau decal sering dijadikan pilihan para pecinta roda dua atau roda empat untuk mempercantik kendaraannya. Sebab, menggunakan stiker atau decal dinilai praktis, dibandingkan harus mengecat kendaraan.

Selain karena stiker lebih murah, jika pemilik kendaraan sudah bosan dengan tampilan kendaraannya, bisa dengan mudah diganti. Berbeda dengan cat, proses penggantiannya lebih memakan waktu dan juga biaya.

Baca juga: Menakar Usia Decal Seharusnya Menempel di Motor

Namun, beberapa stiker ada yang meninggalkan residu dari perekatnya saat dilepas. Hal ini tentu akan membuat tampilan kendaraan menjadi jelek dan kotor.

Ilustrasi stiker doffStanly Ilustrasi stiker doff

Reynalto Priyanto, pemilik Rey Decal, menyarankan, sebaiknya saat melepas stiker, lakukan dengan perlahan-lahan dan jangan berhenti.

"Usahakan untuk melakukannya dengan sekali tarikan. Jika ada sisanya, bisa dibersihkan dengan menggunakan bensin," ujar pria yang akrab disapa Rey tersebut, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Permainan Stiker Bodi, Cara Mudah Perkuat Kesan Rally Loo

Rey menambahkan, jika sisa-sisa stikernya keras, sebaiknya gunakan sticker remover yang banyak dijual di pasaran. Untuk mendapatkan sticker remover juga bisa dicari di toko-toko bangunan.

"Setelah stiker dilepas semua, lanjutkan dengan mencuci kendaraannya," kata Rey.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X