Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/02/2018, 08:42 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Membungkus bodi mobil atau sepeda motor dengan menggunakan stiker menjadi alternatif buat yang ingin tampil beda. Tren itu pun dipercaya terus tumbuh seiring dengan menjamurnya bengkel atau toko aksesori di Indonesia.

Namun, banyak yang belum tahu bagaimana perawatan kendaraan bermotor apabila dipasang stiker, apalagi diseluruh bodi. Apakah ada perlakuan khusus atau justru menjadikan simpel, karena tidak perlu poles dan lain sebagainya.

Ketika ditanya mengenai perawatan, Ricky Harso, Pemilik Teck Wrap Indonesia (Distributor Stiker Teck Wrap) mencoba menjelaskan, bahwa pada dasarnya justru menjadi tidak ribet, seperti tidak menggunakan stiker.

Baca juga: Ongkos Kamuflase Mobil dengan Stiker

"Kalau pakai stiker seperti ini, cukup mencucinya saja, setelah itu dilap seperti pada umumnya," kata Ricky di Jakarta Pusat, Jumat (23/2/2018).

Ilustrasi stiker doffStanly Ilustrasi stiker doff

Menurut Ricky, tidak perlu melakukan poles menggunakan obat yang beredar di toko aksesori dan lain sebagainya. Sebab, bisa merusak tingkat ketajaman warna.

"Tetapi kalau kami kurun waktu dua hingga tiga tahun tidak akan pudar. Jadi kalau pakai stiker kami, tidak perlu repot," ucap Ricky.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com