Perluasan Ganjil Genap di Jakarta Bukan Kebijakan Dadakan

Kompas.com - 12/08/2019, 09:20 WIB
Sosialisasi Perluasan Ganjil Genap KOMPAS.com/GilangSosialisasi Perluasan Ganjil Genap

JAKARTA, KOMPAS.com - Perluasan sistem ganjil genap di Jakarta akan dimulai pada 9 September 2019 dan diklaim bukan sebagai kebijakan dadakan. Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Ditlantas Polda Metro Jaya pun mulai melakukan uji coba di sejumlah ruas jalan.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo, mengatakan, persiapan penerapan ganjil genap sudah dilakukan sebaik mungkin. Dishub bahkan sebelumnya sudah melakukan kajian penerapan selama enam bulan.

Baca juga: Daftar Kendaraan yang Bebas Ganjil Genap, Termasuk Mobil Listrik

"Untuk Dishub persiapannya sudah kami lakukan secara baik, dimana sejak kami lakukan evaluasi ganjil genap sejak satu semester kemarin kita langsung lakukan kajian secara komperhensif," kata Syafrin yang ditemui saat sosialiasi perluasan ganjil genap di Jl Fatmawati, Jakarta Selatan, Senin (12/8/2019).

Sosialisasi Perluasan Ganjil GenapKOMPAS.com/Gilang Sosialisasi Perluasan Ganjil Genap

Syafrin mengatakan, studi mengenai perluasan ganjil genap meliputi berbagai elemen. Kajiannya ditinjau dari kinerja lalu lintas kemudian, dari sisi aspek lingkungan, termasuk di dalamnya dari sisi sosial ekonomi masyarakat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Oleh sebab itu kita sepakat, dan dapatkan alternatif yang optimum untuk diimplementasikan. Khususnya saat ini ini kita sedang siapkan dari aspek sosialisasi," katanya.

Baca juga: Sepeda Motor Tidak Kena Perluasan Ganjil Genap di Jakarta

Seperti diberitakan, total ada 25 ruas jalan di Jakarta yang akan terkena sistem ganjil genap. Sembilan di antaranya merupakan ruas yang sudah diberlakukan atau eksisting, sedangkan 16 ruas lainnya yaitu ruas jalan baru.

Waktu penerapan ganjil genap masih tetap seperti saat ini. Namun ada revisi penambahan waktu pada sore hari yang semula dari pukul 16.00 WIB sampai 20.00 WIB, kini berlaku hingga pukul 21.00 WIB.

Simak video di bawah ini:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.