Instruksi Anies Larang Mobil Tua, Ini Kata Pemerhati Transportasi

Kompas.com - 02/08/2019, 10:52 WIB
Livina masih jadi incaran di pasar mobil bekas meski model terbarunya sudah hadir Kompas.com/Setyo AdiLivina masih jadi incaran di pasar mobil bekas meski model terbarunya sudah hadir

JAKARTA, KOMPAS.com - Budiyanto sebagai pemerhati masalah transportasi ikut menanggapi wacana Gubernur DKI Jakarta yang menginstruksikan kepada Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta agar menyiapkan aturan pembatasan usia kendaraan pribadi.

Anies minta agar kendaraan pribadi yang usianya di atas 10 tahun dilarang beroperasi di wilayah Ibu Kota mulai 2025. Langkah itu dilakukan karena Jakarta belakangan ini sedang disorot mengenai polusi udara.

Menurut Budiyanto, kebijakan itu sangat bagus karena bisa mengurangi polusi udara dan mengurangi tingkat kemacetan di DKI Jakarta. Namun, saran dia harus dikaji lebih jauh lagi mengenai dampaknya.

Baca juga: Dilarang Beroperasi di Jakarta, Harga Mobil Tua Bisa Anjlok

"Kebijakan itu harus ada solusi untuk mobil yang umurnya di atas 10 tahun. Bisa dalam bentuk zona atau koridor," ujar Budiyanto yang mantan Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya itu, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (2/8/2019).

Budiyanto menjelaskan, tidak semua masyarakat juga memiliki daya beli yang tinggi, terutama dari sisi ekonomi.

"Harus memperhatikan juga masyarakat kelas menengah ke bawah yang mungkin belum mampu untuk membeli kendaraan ayng menyesuaikan dengan kebijakan tersebut," kata dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X