Perhatikan 3 Hal Jika Ingin Pakai Keyless Aftermarket

Kompas.com - 01/08/2019, 17:02 WIB
Fitur keyless yang tak ada di Yamaha Lexi tipe standar. Kompas.com-Donny AprilianandaFitur keyless yang tak ada di Yamaha Lexi tipe standar.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kunci kontak keyless ignition sedang ramai diaplikasikan di sepeda motor. Selain membuat motor jadi lebih mewah, fitur ini juga berfungsi ganda sebagai pengaman dari maling.

Saat ini sudah tersedia kontak keyless aftermarket di pasaran. Ragamnya bervariasi dan ditujukan buat motor-motor yang masih memakai kunci kontak biasa. Namun pemakaiannya juga jangan asal.

Baca juga: Ciri Remote Baterai Keyless Mulai Lemah

Kontak keyless aftermarket Yamaha NMaxKOMPAS.com/Gilang Kontak keyless aftermarket Yamaha NMax

Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda, AHASS Daya Motor Cibinong dan Karawang, mengatakan, sebaiknya periksa tiga hal sebelum memutuskan memakai kontak keyless atau smart key aftermarket.

"Ketika kita memakai produk non original atau bawaan pabrik, pertama lakukan pengecekan fungsi, kedua beli produk yang memang sudah mempunyai merek, dan ketiga cari produk yang bisa memberikan garansi," kata Herman kepada Kompas.com, Kamis (1/8/2019).

Baca juga: Teknologi Keyless Bisa Jadi Solusi Hadapi Begal

Herman mengatakan, pengecekan ini penting sebab kunci kontak merupakan komponen vital pada sepeda motor. Kunci kontak merupakan alat untuk menyalakan dan mematikan mesin sepeda motor.

"Untuk perangkat aftermarket mungkin sama saja. Hanya mungkin dari segi kualitas yang membedakan (dengan pabrikan). Karena itu perlu diperhatikan ketika kita akan memakai kunci keyless," katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X