Kompas.com - 31/07/2019, 11:56 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Genio memakai mesin eSP 110 cc generasi baru yang mana takaran olinya hanya 650 ml. Sehingga proses pengisian oli juga sedikit berbeda dari BeAT dan Scoppy yang punya kapasitas 800 ml.

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, untuk mengisi oli Honda Genio harus lebih berhati-hati jangan sampai mengisi oli melebihi kapasitas yang dianjurkan.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Honda Genio cuma 0,65 Liter

"Lebih teliti saja mengisinya sesuai anjuran. Untuk rekomendasi sama saja dengan matik Honda yang lain, hanya itu, takarannya saja lebih diperhatikan," kata Endro yang ditemui di GIIAS 2019, belum lama ini.

Ganti oli motorShutterstock Ganti oli motor

Agar proses pengisian akurat, kata Endro, bisa memakai gelas ukur, baru kemudian tuang oli ke dalam mesin. Dengan cara ini takaran oli yang masuk bisa lebih presisi, sebab saat ini belum ada kemasan oli 0,65 liter.

"Supaya akurat bisa tuang oli mesin ke gelas ukur sebelum dituang ke dalam mesin. Ingat pengisian oli jangan melebihi kapasitas," katanya.

Baca juga: Keunggulan Rangka Baru eSAF Honda Genio

Endro mengatakan, mengisi oli melebihi kapasitas berdampak kurang baik bagi mesin. Sebab mekanikal bagian mesin jadi berkerja lebih keras. Jika berlangsung lama maka akan berpengaruh pada performa.

Kapasitas oli Genio hanya 0,65 liter, lebih sedikit dari milik BeAT dan Scoopy yang berjumlah 800 ml atau 0,8 liter. Hal ini bisa terjadi lantaran Honda mengubah desain dalaman mesin sehingga lebih kompak.

"Karena pertama desain mesin lebih kompak yang membuat ruang mesin lebih kecil, karena itu tak perlu oli yang besar. Sirkulasi olinya dibuat sedemikian rupa sehingga bisa tersalurkan dan melumasi dengan baik," kata Endro

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.