Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapasitas Oli Mesin Honda Genio cuma 0,65 Liter

Kompas.com - 31/07/2019, 11:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Skutik baru Honda Genio mengusung mesin eSP 110 cc generasi baru yang berbeda dari milik BeAT dan Scoopy. Salah satu yang paling terciri yaitu kapasitas oli Genio yang hanya 650 ml.

Kapasitas oli Genio hanya 0,65 liter, lebih sedikit dari milik BeAT dan Scoopy yang berjumlah 800 ml atau 0,8 liter. Hal ini bisa terjadi lantaran Honda mengubah desain dalaman mesin sehingga lebih ringkas.

Baca juga: Keunggulan Rangka Baru eSAF Honda Genio

"Karena pertama desain mesin lebih kompak yang membuat ruang mesin lebih kecil, karena itu tak perlu oli yang besar. Selain itu sirkulasi olinya dibuat sedemikian rupa sehingga bisa tersalurkan dan melumasi dengan baik," kata Endro Sutarno, Technical Service Divison PT Astra Honda Motor (AHM), di GIIAS 2019, belum lama ini.

Honda Genio mengusung mesin eSP generasi baru berkubikasi 109,5 cc SOHC dengan bore x stroke 47 mm x 63,1 mm. Beda dengan BeAT yang memakai kombinasi 50 x 55 mm dan kapasitas 108,2 cc.

Honda GenioFoto: Bayu Nurpatria Honda Genio

Di atas kertas karakter Genio ialah overstroke. Jantungnya juga memiliki kompresi cukup tinggi yaitu 10:1 sedangkan BeAT hanya 9,5:1. Tenaga Genio juga lebih besar memproduksi 8,8 tk pada 7.500 rpm, dan torsi 9,3 Nm pada 5.500 rpm.

Baca juga: Letak Soket Pengisian Gawai di Bagasi Honda Genio Dipertanyakan

Makoto Dohi, Asistant Chief Engineer Department 2, Product Development Division #1 Honda R&D Co Ltd, mengatakan, meski memiliki stroke yang lebih panjang namun konsumen tak perlu khawatir mesin bakal bergetar.

"Mesin yang kami pakai saat ini memang benar-benar baru dan dibuat jauh lebih ringan. Sehingga kekhawatiran untuk masalah getaran atau vibrasi tidak akan terjadi," kata Makoto, saat peluncuran Genio di Jakarta, (21/6/2019).

Sedangkan terkait kompresi mesin yang cukup tinggi di kelasnya mencapai 10:1, Makoto mengatakan, sengaja dibuat seperti itu untuk meningkatkan konsumsi bahan bakar serta meningkatkan performa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.