Pembeli Honda Gold Wing Banyak yang Bayar Tunai, Harganya Rp 1 M

Kompas.com - 25/07/2019, 08:31 WIB
Honda Gold Wing Foto: Wahana HondaHonda Gold Wing
|

TANGERANG, KOMPAS.com - Konsumen motor gede alias moge berbeda dengan segmen lain di bawahnya. Menariknya, para konsumen moge kurang minat membeli dengan angsuran alias kredit dan lebih suka tunai.

Hal tersebut diungkapkan Margono Tanuwijaya, CEO FIFGroup, payung dari FIFAstra lembaga pembiayaan khusus motor Honda, yang mengatakan 80 persen pembeli Honda Gold Wing melakukan transaksi tunai.

Baca juga: Bedah Fitur Canggih Honda Gold Wing, Seperti Mobil

Padahal motor cruiser kebanggaan Honda itu punya banderol tidak murah, yakni lebih dari Rp 1 miliar. Margono mengatakan, konsumen di segmen ini memang spesifik. Segmentasinya bahkan di atas konsumen mobil.

"Karena begini yang beli Gold Wing itu adalah orang yang sanggup beli motor Rp 1 miliar. Segmen pembelinya itu bisa lebih tinggi ketimbang orang yang beli Toyota Fortuner," kata Margono di GIIAS 2019, Rabu (24/7/2019).

Honda Rebel 500Stanly/KompasOtomotif Honda Rebel 500

Margono mengatakan, kendati demikian tidak semua konsumen moge sama, sebab moge juga punya kelas yang terbagi-bagi lagi. Untuk Honda misalnya, pilihan mogenya mulai dari Honda CMX500 Rebel hingga Gold Wing.

"Moge juga macam-macam, ada Gold Wing harga Rp 1 miliar lebih dan Rebel Rp 150 jutaan. Jadi bicara moge tergantung untuk segmennya. Mungkin Rebel masih 60 persen kredit, tapi kalau sudah Gold Wing ya sebagian besar tunai," kata Margono.

Baca juga: Dihargai Rp 1,01 Miliar, Sehebat Apa Honda Gold Wing?

Kredit Motor Kecil
Margono menjelaskan, alasan utama pembeli moge pilih tunai karena penghasilan yang tinggi. Sedangkan kredit dibutuhkan oleh mereka yang ingin beli motor tapi belum mampu beli kontan.

"Sehingga dia mampunya secara angsuran jadinya kredit. Nah untuk kostumer moge ini kan tidak seperti itu, jadi pasti umumnya beli tunai. Bukannya tidak ada yang kredit, tapi komposisi yang tunai lebih besar," katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X