Rasa Kabin Peugeot 5008

Kompas.com - 08/07/2019, 09:02 WIB
Interior Peugeot 5008 Interior Peugeot 5008
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai membahas desain eksterior, giliran masuk ke interior jagoan baru Astra Peugeot, yakni 5008. Seperti tampilannya yang memadukan kesan mewah dan futuristik, begitu juga pada sektor interior.

Kesan sporty dari SUV tujuh penumpang asal Perancis ini sudah ditunjukan dari desain kemudi yang mengambil konsep flat layaknya mobil-mobil sport. Bagian kiri-kanan kemudi sudah dilengkapi dengan ragam tombol fungsi untuk koneksi audio, hingga cruise control.

Tepat di belakang kemudi terdapat tuas paddle shift yang memungkinkan pengemudi untuk mengendalikan perpindahan transmisi enam percepatan secara manual dengan bantuan jemari. Sisi ergonomis bagi pengendara memang menjadi sajian utama sesuai dengan konsep interior yang bertemakan i-Cockpit.

Baca juga: Bahas Tongkrongan Baru Peugeot 5008

Tidak seperti model sebelumnya, kali ini Peugeot juga merancang layout dasbor lebih atraktif. Hampir semua tombol fungsi di tempatkan dekat dengan pengendara, sementara untuk sistem hiburan sudah ditunjang dengan layar sentuh 8 inci pada bagian atas layaknya kompetior asal Jerman.

Interior Peugeot 5008 Interior Peugeot 5008
Dari layar ini, pengendara bisa mendapat berbagai informasi serta melakukan beberapa pengaturan seperti temperatur kabin, audio, sampai memilih parfum kabin yang sudah tersedia dengan tiga pilihan aroma. Informasi soal kendaraan juga bisa didapat pengendara melalui layar 12,3 inci di speedometer.

Paling menarik adanya tombol pengaturan yang desainnya dibentuk seperti piano key. Pengendara bisa mengaktifkan beragam fitur melalui tombol ini, seperti park assist sampai koneksi dengan ponsel. Sedangkan konsul tengah menjadi lapak buat tuas transmisi, fitur advanced grip control, serta dua pilihan mode berkendara, yakni sport dan normal.

Kelapangan

Bicara soal kenyamanan kabin, pada baris pertama baik pengendara dan penumpang tak perlu diragukan lagi, apalagi jok pengemudi sudah dilengkapi dengan pengaturan elektrik. Baik ruang kaki dan kepala masih dalam kategori cukup nyaman.

Interior Peugeot 5008 Interior Peugeot 5008
Begitu juga pada baris keduanya, penumpang juga akan dimanjakan dengan dua meja lipat kecil yang bisa dimanfaatkan untuk meletakan barang atau makanan saat perjalanan. Tapi kenyamanan untuk baris ketiga memang sangat minim bila digunakan orang dewasa.

Baca juga: Peugeot 5008 Punya Pengharum Kabin Sendiri

Disarangkan ruang baris ketiga lebih baik dijadikan bagasi karena joknya bukan hanya bisa dilipat, tapi dilepas dengan sistem plug n play. Dari sini memang terlihat 5008 mengusung konsep 5+2, bukan benar-benar seperti MPV tujuh penumpang lainnya.

Interior Peugeot 5008 Interior Peugeot 5008
Safety

Layaknya kebanyakan mobil Eropa, fitur pada SUV "Singa Perancis" pun sudah cukup banyak. Mulai dari kamera 360 derajat, beragam perangkat keselamatan dan keamanan, seperti anti-lock braking system (ABS), electronic brakeforce distribution (EBD), emergency brake assist (EBA) sampai electronic stability programme (ESP). Belum lagi adanya hills assist descent control (HADC) dan speed limiter.

Sementara untuk keamanan pasif, sudah ada enam buah airbag, pedestrian impact, dan reinforced safet cage. Tidak heran bila 5008 sukses memperoleh peringkat lima bintang saat diuji oleh European New Car Programme (NCAP).

Kesimpulan

Dari sisi interior, 5008 memang lebih mewah dan berani dari desain generasi sebelumnya, fitur yang diberikan juga cukup berlimpah bagi mobil seharga Rp 803 juta. Namun bukan berarti sempurna, karena tetap ada beberapa kekurangan seperti visibilitas yang minim pada bagian belakang karena desain kaca belakang yang sempit.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X