Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klakson Motor Soak, Yuk Kita Servis Sendiri

Kompas.com - 03/07/2019, 15:15 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Klakson punya tugas cukup penting pada sepeda motor. Klakson berfungsi sebagai alat komunikasi antar kendaraan, dan juga fitur untuk meminimalkan risiko berkendara.

Namun acapkali karena jarang dirawat bunyi klakson jadi ''sember" mengecil atau soak. Kasus yang paling banyak terjadi karena kondisi aki sudah lemah, sehingga bunyi klakson yang dihasilkan ikut soak.

Baca juga: Bermain Aliran Modifikasi Stance, Tidak Sembarang Ceper

Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda, AHASS Daya Motor Cibinong dan Sawangan mengatakan, tapi jika aki sudah ganti baru dan suara klakson masih soak maka perlu dicek secara menyeluruh.

"Langkah awal jika memang klaksonnya soak kita coba setel dulu di klaksonnya. Tapi jika sudah di setel tapi bunyinya tetap tidak seperti biasanya berarti klaksonnya memang harus diganti," kata Herman, kepada Kompas.com, Rabu (3/7/2019).

Baca juga: Harga Xpander Mahal, Mitsubishi Berdalih Biaya Kepemilikan

Untuk mengecek kondisi klakson cukup mudah, hanya perlu buka baut di klakson dan kemudian tekan tombol klakson di setang. Jika saat tombol ditekan dan baut diputar suaranya nyaring berarti knalpot masih sehat.

"Tapi jika klakson tidak ada masalah baru kita cek ke komponen lain. Bisa dari tombol klaksonnya atau rangkaian kabel yang terhambat yang menyebabkan arus tidak sepenuhnya sampai ke klakson," kata Herman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com