Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/07/2019, 12:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Model MPV Mitsubishi, Xpander tercatat sudah beberapa kali berganti harga. Sebagai patokan, model termurah Xpander saat ini dibanderol Rp 210,3 juta dari sebelumnya Rp 206,1 juta.

Kenaikan harga ini membuat Xpander jadi MPV dengan banderol harga tertinggi. Menanggapi hal ini Direktur Pemasaran dan Penjualan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Irwan Kuncoro mengungkapkan harga Xpander sudah terhitung terjangkau untuk konsumen mereka.

"Faktanya kita masih tetap berada di peringkat atas (penjualan). Ini artinya harga Xpander masih masuk di jangkauan daya beli masyarakat dan konsumen. Harga kompetitif apalagi ditambah dengan kelebihan Total Cost Ownership," ucap Irwan saat ditemui Selasa (3/7/2019).

Irwan mengungkapkan, salah satu alasan kenaikan harga Xpander adalah perubahan pajak Bea Balik Nama di beberapa daerah. Untuk membuat harga sama dengan daerah lain, Mitsubishi merevisi harga Xpander.

Baca juga: Penjualan Mobil Sejuta Umat, Avanza Ungguli Xpander

"Termasuk rencana kenaikan pajak BBNKB di Jakarta nantinya. Di Bodetabek sudah ada kenaikan pajak, maka biar tidak membingungkan konsumen kita sesuaikan dengan Jawa Barat sebagai patokan. Memang BBN ini jadi salah satu faktor yang mendorong kenaikan harga," ucap Irwan.

Sebagai bentuk komunikasi terhadap konsumen Xpander, Mitsubishi membuat kampanye Pilih Xpander Pinter Bener. Irwan mengungkapkan pihaknya terus mengedukasi konsumen mengenai total cost ownership produk mereka yang lebih menguntungkan.

"Pembelian pertama lebih mahal namun operasional dan resale valuenya lebih menguntungkan. Kita terus komunikasikan itu," ucap Irwan.

Xpander berada di peringkat kedua segmen low MPV dengan data wholesale Mei 2019 sebanyak 5.101 unit. Tempat pertama dihuni Avanza yang berhasil terdistribusi 7.361 unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.