Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Mobil Retro Rp 60 Jutaan untuk Pemula

Kompas.com - 28/06/2019, 11:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

BEKASI, KOMPAS.com - Meski memiliki usia yang tidak muda lagi, mobil retro atau klasik masih jadi daya tarik tersendiri. Peminatnya di tanah air pun seakan tak pernah habis, bahkan cenderung meningkat.

Dewasa ini, tidak sedikit pula anak muda yang mulai bermain mobil retro. Begitulah yang dirasakan penggagas sekaligus pemilik Kedai Built Up, Helmie Sarosa saat berbincang bersama Kompas.com di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (27/6/2019).

"Karena memang punya daya tarik tersendiri, unik, dan menyenangkan. Bila sudah tercebur, seperti tidak bisa berhenti bahkan," katanya.

Di kesempatan sama, Helmie juga menyatakan, memiliki mobil klasik tidak selalu mahal. Contohnya, dengan kocek sekitar Rp 60 jutaan sudah banyak ragam yang bisa dipilih.

Baca Juga : Berburu Mobil Mewah Harga Miring

Salah satu Toyota Splinter yang tampak di acara Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) DKI Jakarta di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Minggu (4/3/2018).Alsadad Rudi/Kompas.com Salah satu Toyota Splinter yang tampak di acara Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) DKI Jakarta di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Minggu (4/3/2018).

"Untuk kondisi yang ideal dimana surat-surat sudah lengkap, keadaan masih sehat, lumayan banyak mobil klasik berharga Rp 60 jutaan. Mulai dari yang Jepang-an sampai Eropa," ujar Helmie.

Lebih detail, rekomendasi mobil klasik di harga tersebut, adalah Toyota Carina (sekitar Rp 25 - 40 jutaan), Toyota Sprinter Twincam (Rp 30 - 40 jutaan), Nissan Cedric (Rp 30 - 50 jutaan), Toyota Corolla DX (Rp 20 - 50 jutaan, tergantung tahun dan model), Mazda Luce (Rp 50 jutaan), Volvo Wagon V70 (Rp 60 jutaan), serta BMW 318i E30 (Rp 40 jutaan).

"Masih banyak lagi sebenarnya, hanya saja mobil tersebut yang masih mudah bila ingin merapihkan kembali. Sparepart-nya masih banyak tersedia dan tidak terlalu mahal," jelasnya.

Meski relatif terjangkau, punya mobil berusia tua juga harus punya kesadaran. Salah satunya, harus siap merogoh kocek tambahan untuk biaya perbaikan, karena bagaimanapun usia kendaraan berpengaruh kepada kondisi komponen yang terkandung di dalamnya.

"Imbauan juga, jangan terbuai dengan harga mobil klasik yang terlalu murah," kata Helmie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com