Bukan Sekadar Bikin Keren, Pahami Fungsi Spoiler pada Mobil

Kompas.com - 20/06/2019, 10:42 WIB
Ilustrasi spoiler belakang. seriouswheels.comIlustrasi spoiler belakang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Spoiler sering ditemukan menempel pada mobil- mobil bertipe sedan, hatchback, atau bahkan minibus. Banyak pemilik mobil yang mengira fungsi spoiler hanya untuk meningkatkan tampilan mobil. Padahal, spoiler punya fungsi lain yang cukup penting.

"Spoiler itu pastinya menambah keren sebuah mobil. Selain itu, bisa juga untuk meningkatkan performa, karena lebih aerodinamis," ujar Kiki Anugraha, founder Karma Body Kit, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Modifikasi Jadi Hal Tabu buat Tiap Pabrikan

Spoiler mampu mengurangi gejala melayang saat berkendara pada mobil yang cukup ringan. Perangkat aerodinamis ini mampu memberi gaya tekan melalui aliran udara yang mengalir di atap mobil.

Aerodinamika mobil, tanpa dan dengan spoiler.ecomodder.com Aerodinamika mobil, tanpa dan dengan spoiler.

"Saat melaju pada kecepatan tinggi, lekukan-lekukan yang ada pada spoiler juga bisa memberikan kestabilan pada mobil," kata Kiki.

Baca juga: Tips Modifikasi Audio untuk Mobil Harian

Pada mobil jenis hatchback, spoiler juga bisa menangkis kotoran di kaca belakang, seperti debu dan air hujan. Hal ini dikarenakan adanya turbulensi udara di area tersebut.

Saat menambahkan spoiler pada mobil, sebaiknya perhatikan pemasangannya. Jangan sampai spoiler terlepas saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi, karena bisa membuat pengendara lain kecelakaan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X