Merasakan Kenyamanan Kabin Toyota Fortuner saat Merapah Trans Jawa 4.0

Kompas.com - 09/06/2019, 13:03 WIB
All New Toyota Fortuner VRZ 4X4 menjajal medan offload di kaki Gunung Merapi, Sleman, DIY, Rabu (29/5/2019). KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOAll New Toyota Fortuner VRZ 4X4 menjajal medan offload di kaki Gunung Merapi, Sleman, DIY, Rabu (29/5/2019).
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Merapah Trans Jawa 4.0 sukses menempuh perjalanan hingga ribuan kilometer bersama dua sport utility vehicle (SUV) Toyota, yakni Fortuner dan Rush. Selama perjalanan itu, ada catatan penting ketika merasakan sensasi menjadi penumpang di kabin Fortuner..

Meskipun hadir sebagai SUV, tapi kenyamanan kabin Fortuner mampu disajikan Toyota layaknya sebuah multi purpose vehicle (MPV). Sebagai contoh, sisi kelapangan ruang kaki dan kepala, baik pada baris pertama dan kedua.

Sementara untuk baris ketiga, meski mampu menampung orang dewasa tetapi kami gunakan sebagai bagasi membawa ragam barang bawaan. Menariknya, membuka dan menutup bagasi belakang tak perlu lagi mengandalkan tenaga dari lengan, cukup tekan sekali tombol power back door, pintu bagasi akan menutup dan membuka secara otomatis.

Kabin Toyota All New Fortuner VRZKrisitianto Purnomo - Kompas.com Kabin Toyota All New Fortuner VRZ

Baca juga: Kabin Toyota Rush Manjakan Tim Merapah Trans Jawa

Selain sisi kelapangan, Fortuner generasi baru ini juga membawa ragam fitur modern dibandingkan generasi sebelumnya. Bukan hanya fitur penunjang performa dan keselamatan, tetapi juga perangkat hiburan yang membuat perjalanan panjang makin nyaman dinikmati di dalam kabin berlapis jok kulit semi sintetis.

Tata letak dasbor Fortuner dibuat lebih mewah dan futuristik. Kesan mewah ditunjukan dari balutan kulit hitam pada dasbor, tetapi juga ornamen penempatan panel kayu serta lekukan yang elegan. Boleh dibilang, Fortuner generasi terbaru ini naik kelas dibandingkan model sebelumnya.

Kompartemen pendingin minuman di dalam kabin Toyota FortunerKrisitianto Purnomo - Kompas.com Kompartemen pendingin minuman di dalam kabin Toyota Fortuner

Belum lagi dengan banyaknya ruang penyimpanan. Mulai dari bottle holder pada tiap kantung doortrim, cupholder, dan ruang penyimpanan dingin yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan minuman kaleng selama agar tetap sejuk selama perjalanan yang letaknya berada di dasbor penumpang depan.

Kondisi tersebut seakan mengambarkan bila Fortuner bukan hanya tangguh dalam hal performa, tetapi juga bisa diandalkan sebagai pilihan mobil keluarga yang siap diajak berpetualang. Contoh, dalam perjalanan Merapah yang bukan melintasi tol saja, tetapi juga berkunjung ke beberapa wisata dengan sajuan jalur yang cukup ekstrim.

Baca juga: Mengajak Fortuner Bermain di Habitat Aslinya

Perjalanan selama 15 hari pun tetap nyaman, karena selain beristirhata, kami juga banyak melakukan pekerjaan di dalam kabin Fortuner. Mulai membuat artikel, mengedit video, sampai update status di sosial media.

Kabin Toyota All New Fortuner VRZKrisitianto Purnomo - Kompas.com Kabin Toyota All New Fortuner VRZ

Bicara soal hiburan, Fortuner sudah dilengkapi dengan sistem audio layar sentuh yang dilengkapi dengan fitur navigasi. Head unit ini juga telah mengadopsi apilikasi air gesture, miracast, mirrorlink, dan lain-lain yang sangat membantu dalam perjalanan.

Seperti yang diungkapkan Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto beberapa waktu lalu.

Uji ketangguhan Toyota Fortuner VRZ di Kali Kuning Merapi Uji ketangguhan Toyota Fortuner VRZ di Kali Kuning Merapi
Pria yang akrab disapa Soerjo tersebut mengatakan bila mobil keluarga bukan hanya sekadar MPV saja, tapi SUV pun kini memiliki kelebihan tersendiri dalam memanjakan keluarga dalam menempuh perjalanan jauh.

"SUV punya unsur beda dari MPV, ketika digunakan ada daya tarik tersendiri. Kami ingin melihatkan bila mobil keluarga tidak selalu MPV, SUV pun kini sudah bisa digunakan mudik bagi masyarakat Indonesia," ucap Soerjo beberapa waktu lalu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X