Innova Community Berbagi Tips Aman Berkendara Saat Mudik

Kompas.com - 03/06/2019, 09:22 WIB
Innova Community ikut berpartisipasi dalam Mudik aman berkendaraIC Innova Community ikut berpartisipasi dalam Mudik aman berkendara

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan masyarakat perkotaan mulai bersiap untuk kembali ke kampung halaman dalam masa mudik libur Lebaran. Berbagai persiapan dilakukan, termasuk oleh komunitas Innova Community (IC).

Perkumpulan pengguna Toyota Innova ini ikut berpartisipasi dalam Toyota Holiday Campaign yang diselenggarakan di Rest Area KM 57 tol Jakarta-Cikampek, Selasa (28/5/2019) silam. Komunitas yang tergabung dalam Toyota Owner Club ini ikut dalam kampanye " Mudik aman berkendara".

"Kami selaku komunitas, peduli dengan keselmatan berkendara. Oleh karena itu sebelum mudik berlangsung kami selalu memberikan pembekalan keselamatan berkendara pada anggota baik melalui kampanye maupun special workshop. Harapan kami dapat memberikan contoh yang baik pada masyarakat dan komunitas otomotif lain," ucap Ketua Harian IC, Fransisca FA dalam keterangannya, Sabtu (1/6/2019).

Selain kendaraan, tubuh pengemudi juga perlu dipersiapkan untuk berkegiatan mudik. Pengemudi perlu menjaga stamina kesehatan fisik.

Baca juga: Komunitas Innova Sambut Hari Bumi

Beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain hindari minuman kafein dalam jumlah banyak sebelum mudik. Ini karena kadar glukosa yang tinggi akan membuat pengemudi cepat lelah. Disarankan mengkonsumsi air putih dengan perasan lemon sebagai pengganti minuman kafein atau penambah tenaga

Selain itu tidak lupa istirahat cukup. Set waktu untuk berkendara empat jam perjalanan untuk kemudian beristirahat.

"Setelah sehat jasmani dan persiapan fisik, pengecekan kendaraan wajib dilakukan. Bagian yang wajib adalah tekanan ban, air radiator, oli mesin dan minyak rem. Bisa dilakukan di bengkel resmi terdekat," ucap Fransiska.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X