Pemudik Dibolehkan Buka Puasa di Bahu Jalan Tol

Kompas.com - 21/05/2019, 03:02 WIB
Jalan Tol Pandaan-MalangDok. PT Jasamarga Pandaan Malang Jalan Tol Pandaan-Malang

JAKARTA, KOMPAS.com - Korlantas Polri akan memberikan dispensasi bagi pemudik untuk berhenti di bahu jalan tol selama arus mudik Lebaran 2019. Hal ini untuk memberikan kemudahan bagi yang ingin beristirahat sembari menunggu buka puasa.

"Jadi kami beri dispensasi buat pemudik. Jika lelah dan rest area penuh sedangkan sudah waktunya berbuka, kami silahkan beristirahat di bahu jalan tol untuk buka puasa," kata Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Benyamin kepada Kompas.com.

Baca juga: Mengenal Asuransi TJH III Buat Perlindungan Mudik

Namun Kombes Benyamin menekankan, bukan berarti dengan dispensasi ini bahu jalan tol digunakan sebagai area tempat parkir. Hal ini dilakukan karena sifatnya mendesak, periodenya pun tidak lama hanya jelang berbuka puasa.

"Tidak lama. Hanya waktunya berbuka. Setelah itu diharapkan kembali melakukan perjalanan. Saya kita masyarakat kita juga sudah dewasa. Mereka juga pasti tidak ingin berlama-lama di bahu jalan tol. Ingin segera jalan lagi, atau mencari rest area terdekat," katanya.

Baca juga: Cara Menghitung Bobot Maksimum Mobil Bawa Barang saat Mudik

Seperti diberitakan, untuk mengurai kemacetan saat arus mudik Lebaran pemerintah akan menerapkan lajur satu arah di tol Cikampek mulai tanggal 30 Mei - 2 Juni 2019. Dimulai dari gerbang tol Cikarut sampai pintu keluar tol Brebes Barat Km 262.

"Kalau kita tidak lakukan hal ini macet di Cikampek bisa mengunci. Tentu kita tidak ingin pengalaman yang sudah-sudah terjadi lagi. Kalau ada kemacetan itu pasti terjadi tapi yang penting jalan, tidak sampai mengunci atau diam," katanya.




Close Ads X