Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik Diimbau Bijak Menggunakan Rest Area

Kompas.com - 18/05/2019, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan memberlakukan sistem one way untuk bisa mengurai kemacetan yang akan terjadi saat mudik Lebaran 2019 di Tol Trans Jawa. Sistem ini juga diyakini dapat menjadi solusi dari kemacetan yang disebabkan oleh penuhnya rest area.

Pasalnya, rest area yang terisi saat arus mudik tidak hanya di jalur yang mengarah ke timur. Sebaliknya, saat arus balik juga bukan rest area yang mengarah ke barat saja yang akan dipenuhi pemudik.

Baca juga: Sistem One Way Jadi Solusi Atasi Kepadatan di Rest Area

"Dengan sistem ini, traffic menjadi rata, dan rest area bisa sama-sama terisi," jelas Dessy Aryani, Direktur Utama PT Jasa Marga, saat diskusi bertema 'Mudik Selamat, Guyub Rukun' yang digelar TerasKita di Crowne Plaza Hotel, Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Dengan begitu, penumpukan di satu rest area yang dapat menyebabkan kemacetan bisa dikurangi. Meski demikian, Budi Setyadi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat, juga mengatakan bahwa rest area pasti tetap akan kekurangan, berapa pun jumlahnya.

"Kita sedang mendorong masyarakat bahwa rest area itu bukan yang hanya ada di sisi jalan tol saja, tapi bisa exit di kota yang sedang dilewati," ujar Budi.

Baca juga: Daftar Rest Area Tol Trans Jawa di Wilayah Jawa Timur

Kepala Korps Lalu Lintas Inspektur Jenderal Refdi Andri turut menghimbau kepada para pemudik untuk tidak berlama-lama di rest area.

"Pada rest area tipe A, di mana ada pengisian bahan bakar, kami imbau masyarakat sudah mengisi bahan bakar sejak berangkat, tidak berharap pada rest area tertentu untuk mengisi bahan bakar," kata Refdi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com