Komparasi Trans Jawa

Daftar Rest Area Tol Trans Jawa di Wilayah Jawa Timur

Kompas.com - 16/01/2019, 09:42 WIB
Suasana perjalanan ekspedisi komparasi Tol Trans Jawa - Pantura oleh tim Otomotif Kompas.com Kompas.comSuasana perjalanan ekspedisi komparasi Tol Trans Jawa - Pantura oleh tim Otomotif Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah menelusuri ruas tol Trans Jawa di bagian Jawa Barat dan Jawa Tengah, kini pembahasan ke bagian terakhir yakni wilayah Jawa Timur.

Selepas Surakarta, pengemudi akan memasuki ruas tol Kertosono menuju Mojokerto. Ruas tol ini akan menyambung tol Surabaya yang menjadi titik terakhir perjalanan tim Kompas.com Komparasi Tol Trans Jawa dan Pantura.

Jalur tol di dominasi jalan lurus, dengan turunan dan tanjakan yang tidak terlalu tinggi. Menjadi perhatian disini, layanan rest area atau tempat istirahat belum terlalu lengkap.

Berikut daftar rest area di wilayah Jawa Timur

-KM 575 A B : mushola, minimarket, toilet, fungsional
-KM 597 A B : dispenser Pertamina (mobile), mushola, tempat makan, toilet
-KM 626 A B : dispenser Pertamina (mobile), mushola, tempat makan, toilet
-KM 678 A B : dispenser Pertamina (mobile), mini market, tempat makan, toilet
-KM 694 A B : mushola, toilet, ATM, tempat makan, sedang dibangun SPBU
-KM 725 A B : mushola, toilet, proses pembangunan SPBU

*A adalah rest area dari Jakarta menuju Surabaya. B adalah rest area dari Surabaya menuju Jakarta

Baca juga: Daftar Rest Area Tol Trans-Jawa di Wilayah Jawa Tengah

Persiapan Matang

Melihat hasil penelusuran tim komparasi Tol Trans Jawa dan Pantura, bepergian melewati jalur tol benar-benar dipermudah dari segi waktu. Namun perhatian khusus beralih pada kesiapan diri, kendaraan dan juga penumpang berada di jalan tol.

Persiapkan diri sangat penting untuk menelusuri ruas tol yang cenderung konstan. Pengendara perlu mengingat waktu beristirahat agar terhindar dari kantuk bila menjadi sopir seorang diri.

Persiapan kendaraan harus benar-benar matang terutama untuk saat darurat di jalan tol. Paling penting adalah memperhatikan konsumsi bahan bakar mobil yang digunakan agar tidak kehabisan BBM di tol.


Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X