Toyota Tanggapi Santai soal Iklan Nissan di Google

Kompas.com - 11/05/2019, 08:22 WIB
Foto iklan Nissan yang menyinggung Toyota Avanza Foto iklan Nissan yang menyinggung Toyota Avanza

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain Wuling, Toyota juga menjadi imbas Nissan pada mesin perambah Google. Saat mengetik "Toyota Avanza", tulisan yang keluar sempat bernada ejekan, yakni "Hari gini cari Avanza ? ini zamannya All-New Nissan Livina" yang tentunya beralamat ke laman resmi Nissan.

Ketika mengkonfirmasi mengenai kalimat bernada sindiran yang banyak dianggap layaknya black campaign terhadap suatu merek, Executive General Manager Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto, menjelaskan, hal tersebut hanya merupakan permainan teknologi saja.

"Itukan sifatnya daily dan kami tidak anggap itu sebagai black campaign, malah kami tidak perhatikan, baru tau justru dari teman-teman media. Jadi itu taktik saja, seperti pemilu lah ada 01 dan 02, masing-masing ada strateginya," ucap pria yang akrab disapa Soerjo kepada wartawan di Jakarta, Kamis (9/10/2019).

Baca juga: Ketik Wuling di Google yang Keluar Serena, Ini Penjelasan Nissan

Ketika ditanya apakah etis menerapkan cara seperti itu untuk mempromosi suatu produk, Soerjo pun enggan memberikan komentar panjang. Menurut dia, cara yang dilakukan Nissan bisa jadi memang bagian dari upaya mempromosikan produk-produknya.

Tangkapan layar hasil pencarian kata Wuling di halaman mesin pencari Google, Selasa (7/5/2019)Google Tangkapan layar hasil pencarian kata Wuling di halaman mesin pencari Google, Selasa (7/5/2019)

Beberapa hari kemarin, Kompas.com yang mencoba menelusuri melalui Google, menemukan memang bukan hanya Wuling dan Toyota saja yang menjadi sasaran, tapi juga Honda. Meski terbilang baru, tapi Soerjo memastikan bila Toyota tidak akan memakai cara-cara tersebut.

"Buat kami ini mungkin menjadi cara baru, tapi kalau ditanya apakah Toyota akan menggunakan cara-cara seperti itu, jawabnya tentu tidak," ujar Soerjo.

Baca juga: Ribuan Toyota Laris dalam 10 Hari

Ketika mengkonfirmasikan hal ini kepara Head of Product Communication PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Hana Maharani, tanggapanya masih sama dengan sebelumnya. 

"Ya mungkin sementara aja based on search engine," jawab Hana dalam pesan singkatnya kepada Kompas.com, Jumat (10/5/2019) lalu.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X