Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Mobil Bekas Murah Lewat Lelang Online

Kompas.com - 10/05/2019, 16:02 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lelang mobil bekas bisa jadi alternatif buat yang sedang mencari mobil bekas harga terjangkau. Prosesnya pun kini semakin mudah, karena IBID-Balai Lelang Serasi memperbarui sistem bidding online dengan fitur IBID Live Auction.

Lewat fitur IBID Live Auction, peserta online kini dapat melakukan bidding atau menawar mobil secara real time dengan mereka yang datang ke lokasi atau disebut floor bidding. Sehingga kesempatan mendapat mobil yang diincar lebih besar.

"Ini semacam sistem hybrid. Jadi gabungan. Kalau sebelum ada fitur ini, mereka yang online hanya memilih di situs saja. Nah dengan ini mereka bisa masuk dengan yang floor bidding. Jadi mereka menawar bersama-sama," kata Daddy Doxa Manurung, President Director IBID-Balai Lelang Serasi, di Jakarta, Kamis (9/5/2019).

Baca juga: Cara Mobil88 Meyakinkan Pembeli Mobil Bekas via Online

Mobil yang akan dilelang.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Mobil yang akan dilelang.

Doxa mengatakan, dengan fitur baru IBID Live Auction calon pembeli sangat dimudahkan dalam mencari mobil yang diincar. Sebab di website dan aplikasi IBID juga tertera MAP atau Market Auction Price yakni harga acuan pasar serta Astra Car Valuation (ACV).

"MAP tujuannya apa? jadi kita sertakan acuan harga tiap mobil supaya orang yang menawar bisa tahu angkanya sudah ketinggian atau tidak. Nah, kalau ACV inspeksi secara saintifik. Semua data dan riwayat mobil. Hasil inspeksi kendaraan pun transparan, akurat, dan komprehensif," katanya.

Baca juga: Mitsubishi Triton Terbaru Meluncur di GIIAS 2019? 

Doxa mengatakan jangan ragu jika tertarik mengikuti lelang mobil di IBID, baik itu calon pembeli datang langsung maupun lewat online. Sebab lelang dibuat transparan dan memiliki beberapa keunggulan.

"Pertama lelang dibuat transparan, sehingga semua orang tahu barang yang akan ditawarnya. Prosesnya juga aman sebab tiap penyelenggaraan lelang dihadiri oleh pejabat lelang dari Kementrian Keuangan," kata Doxa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com