Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menilik Modal Buka Bengkel Kaki-kaki Mobil

Kompas.com - 06/05/2019, 09:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 bukan hanya menjadi tempat untuk mencari kebutuhan pribadi. Di sini, tersedia juga kebutuhan bagi yang ingin membuka usaha.

Salah satunya adalah usaha bengkel kaki-kaki mobil. Bengkel ini membutuhkan banyak peralatan besar, seperti tire changer, alat balancing dan spooring, hingga scissor lift.

Baca juga: 8 Hari Telkomsel IIMS 2019, Toyota Kantongi SPK 3.098 Unit

Semua alat-alat tersebut bisa dijumpai di PT Panca Jaya Setia. Mereka memang khusus menyediakan alat-alat dan mesin untuk kebutuhan bengkel mobil.

Telkomsel IIMS 2019 juga menghadirkan kebutuhan konsumen yang ingin membuka usaha bengkel.Kompas.com/Donny Telkomsel IIMS 2019 juga menghadirkan kebutuhan konsumen yang ingin membuka usaha bengkel.

Untuk yang ingin membuka usaha bengkel kaki-kaki mobil dan baru memiliki modal tempat, PT PJS menyediakan juga paketan alat-alat dan mesin yang lengkap. Seperti yang dijelaskan Teguh Setiawan, Marketing Manager PT PJS.

"Paketan yang kita sediakan itu terdiri dari tire changer, alat balancing dan spooring, air coompressor, dongkrak, jackstand, dan nitrogen generator," terang Teguh, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Maya Mauren, Pemenang Miss IIMS 2019

Teguh menambahkan, untuk mesin-mesinnya sendiri diimpor dari berbagai negara, seperti Korea, Taiwan, hingga Italia. Jika ditotal, untuk alat-alatnya saja minimal harus menyiapkan modal sebesar Rp 250 juta untuk membuka bengkel kaki-kaki mobil.

Rinciannya:

Jackstand Rp 250 ribuan
Dongkrak Rp 2 juta - Rp 5 juta
Air compressor Rp 9 juta - Rp 13 juta
Tire changer Rp 14 juta - Rp 65 juta
Mesin balancing Rp 15 juta Rp 115 juta
Mesin spooring Rp 115 juta - Rp 175 juta
Scissor lift Rp 80 juta - Rp 135 juta
Tire changer Rp

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com