Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalah Saing, Honda Pensiunkan Brio

Kompas.com - 14/02/2019, 08:02 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber rushlane

NEW DELHI, KOMPAS.com - Setelah tahun lalu menghentikan laju penjualannya, kini Honda memastikan bila tak lagi memproduksi Brio di India. Informasi ini disampaikan oleh Senior Vice President Marketing & Sales Honda Cars India dalam wawancaranya dengan Press Trust India beberapa waktu lalu.

"Untuk sekarang ini mobil entry level yang kami pasarkan adalan Honda Amaze. Produksi Brio sudah kami hentikan, dan kami tidak akan membawa generasi baru Brio ke India," kata Rajes yang dikutip Rushlane.com, Rabu (13/2/2019).

Penjualan Brio di India memang tak seindah seperti di Indonesia. Sejak akhir tahun lalu, pencapaian city car ini turun drastis, bahkan dari data yang disajikan, pada Desember 2018 hanya laku delapan unti, dan menutup penjualan sepanjang 2018 dengan jumlah 2.277 unit.

Baca juga: Impresi Perdana All New Honda Brio [VIDEO]

Pencapaian buruk tersebut dikarenakan ketatnya persaingan di segmen mobil kota. Honda Brio sendiri dikabarkan tak sanggup berkompetisi dengan Maruti Swift, Hyundai Grand i10, dan Tata Tiago.

All new Honda Brio Satya di GIIAS 2018STANLY RAVEL All new Honda Brio Satya di GIIAS 2018

Sebelumnya dikabarkan bila rontoknya penjualan Brio bukan hanya karena sepinya peminat, tapi juga karena masalah investasi. Diketahui bila Honda Cars India tak mau mengucurkan dana lebih besar untuk membuat Brio sesuai dengan regulasi baru yang ditetapkan.

Dalam aturan baru tersebut, pemerintah India mewajibkan mobil untuk menaikan tingkat keselamatan. Mulai dari peningkatan sabuk pengaman, ABS dan EBD, sensor parkir mundur, sampai aplikasi fitur peringatan kecepatan yang sifatnya wajib terpasang pada semua varian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com