Selain Mesin, Ini Beda Daihatsu Xenia 1.3L dan 1.5L - Kompas.com

Selain Mesin, Ini Beda Daihatsu Xenia 1.3L dan 1.5L

Kompas.com - 18/01/2019, 12:42 WIB
Daihatsu Xenia 2019 Daihatsu Xenia 2019

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) resmi meluncurkan Xenia feclift pada Selasa (15/1/2019) lalu. Berbeda dari peremajaan sebelumnya, selain menghadirkan tampilan baru untuk pertama kalinya Daihatsu juga memberikan pilihan mesin yang lebih bertenaga, yakni 1.500 cc.

Secara spesifikasi, mesin yang digunakan memang tak asing lagi, karena memakai spesifikasi 2NR-VE DOHC Dual VVT-i yang sebelumnya disematkan pada Avanza Veloz. Lantas apa saja perbedaan lain yang ditawarkan Daihatsu untuk Xenia 1.3L dan 1.5L.

Melihat dari tampilan, Daihatsu menempartkan mesin 1.500 cc pada Xenia tipe R Deluxe. Otomatis semua fitur yang ada pada varian 1.3 R Deluxe ikut terpasang, mulai dari eksterior yang telah menggunakan front bumper aerokit, spion dengan lampu sein LED, side skirt, sampai rear bumper aerokit.

Baca juga: Cerita Daihatsu Pasang Mesin 1.500 Cc ke Xenia

Tapi sebagai perbedaan paling kental di ekterior adalah pada bagian pelek. Bila pada versi 1.3 R Deluxe peleknya menggunakan konsep biasa, maka pelek 14 inci pada 1.5 R Deluxe dibuat lebih mewah dan memiliki desain baru.

Tampilan baru Daihatsu Xenia facelift Tampilan baru Daihatsu Xenia facelift
Dari segi kenyamanan interior ternyata tak ada perbedaan berarti, bahkan sistem hiburan pun sama-sama menggunakan head unit 2-DIN layar sentuh. Tapi bicara soal fitur keselamatan, Daiahtsu memasangkan fitur tambahan yang lebih lengkap pada Xenia 1.500 cc, yakni anti-lock braking system (ABS) dan electronic brake distribution (EBD).

Menurut Marketing Director ADM Amelia Tjandra, Xenia bermesin 1.500 cc memang dibuat bagi konsumen Daihatsu sebelumnya yang ingin naik kelas menggunakan kubikasi mesin yang lebih bertenaga.

"Kami mewadahi konsumen Xenia yang ingin stepping atau naik kelas dengan mesin yang lebih besar. Untuk perangkat keselamatan ABS dan EBD memang hanya kita pasang di 1.5 karena bagian dari strategi marketing agar ada perbedaan dari kategori harga," ucap wanita yang akrab disapa Amel tersebut.

Perubahan interior Daihatsu Xenia facelift 2019 Perubahan interior Daihatsu Xenia facelift 2019

Baca juga: Simak Detail Perubahan Kabin Xenia Facelift

Seperti diketahui, Daihatsu menempatkan Xenia 1.500 cc sebagai varian tertinggi yang dipasarkan dalam dua pilihan transmisi. Untuk manual dipasarkan sebesar Rp 218.050.000, sementara yang otomatis mencapai Rp 228.950.000.

Bila dibandingkan dengan Xenia 1.3 R Deluxe, selisih hargnya mencapai Rp 19 juta untuk yang manual. Sementara untuk varian matik, beda harganya mencapai Rp 10,9 juta.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X