Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ADM Mengakui Desain New Avanza-Xenia Terinspirasi Vellfire

Kompas.com - 16/01/2019, 18:22 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akhirnya buka suara soal konsep tampilan desain baru dari Avanza dan Xenia. Seperti diketahui, kedua MPV sejuta umat ini datang menawarkan kemasan baru yang membuat viualnya naik kelas dibanding model sebelumnya.

Menurut Executive Officer R&D Directorate ADM Pradipto Sugondo, proses pengembangan Avanza dan Xenia facelift sudah mulai dijalankan Daihatsu sejak satu setengah tahun lalu.

"Seperti yang dilihat, desainnya memang kita hadirkan lebih mewah dengan menggunakan lampu LED dan headlamp double layer. Inspirasinya kita ambil dari Toyota Vellfire pada saat itu, dan kita mulai lakukan pengembangan produk bersama di R&D Center milik Daihatsu," ucap Pradipto saat berbincang dengan Kompas.com, Selasa (15/1/2019).

Baca juga: Cerita Daihatsu Pasang Mesin 1.500 Cc ke Xenia

Toyota Avanza Veloz FaceliftKOMPAS.com / Aditya Maulana Toyota Avanza Veloz Facelift

Pradipto mengatakan dalam proses pengembangan wajah baru Avanza-Xenia, paling lama pengerjaan memang berada pada sektor tampilan depan. Terutama untuk urusan desain lampu utama yang memakan waktu penggarapan kurang lebih selama enam bulan sendiri.

Sementara untuk bumper, konsepnya dibuat lebih untuk menonjolkan paduan tampilan sporty dan dinamis. Begitu juga pada sentuhan ringan di area belakang yang dirancang untuk mengimbangi tampak depan.

Baca juga: Sedikit Aura Xpander di Wajah Avanza Baru

Ketika ditanya mengapa sekilas tampilan bumper depan menyerupai desain milik kompetitor, yakni Mitsubishi Xpander, Pradipto hanya menjelaskan bila sebenarnya hal tersebut tidak benar. Menurutnya, konsep bagian samping yang dibuat membesar lebih untuk menguatkan karakter modern dari Avanza dan Xenia.

New Avanza dan New Veloz resmi meluncur Selasa (15/1/2019)Kompas.com/Setyo Adi New Avanza dan New Veloz resmi meluncur Selasa (15/1/2019)

"Inspirasi dari Vellfire, tapi semua kita desain ulang sendiri khusus untuk Xenia dan Avanza sampai akhirnya bisa lulus standar kuat penerangan. Kalau masalah bumper dikaitkan dengan kompetitor (Xpander) sebenarnya beda, mereka membuat desain itu tersambung untuk menunjukan identitas, tapi kedua produk kita tidak. Lebih untuk menguatkan karakter saja," ucap Pradipto.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com