Ingat, Jangan Asal Ganti Lampu Mobil Bisa Bahaya

Kompas.com - 29/12/2018, 08:02 WIB
Ilustrasi modifikasi lampu depan atau headlamp kendaraanSACS Speedglow Ilustrasi modifikasi lampu depan atau headlamp kendaraan

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilik mobil terkadang memutuskan untuk mengganti atau memodifikasi lampu agar terasa lebih keren. Sebagai contoh, memasang LED karena lampu utama/headlamp sebelumnya masih model biasa.

Tetapi, harus dipertimbangkan lagi bahwa sebenarnya tidak boleh sembarangan dalam mengganti lampu pada mobil. Kejadian terburuk, bisa menyebabkan hal yang fatal seperti terjadi korslet hingga kebakaran.

Bagi Anda yang ingin kelihatan lampu mobil menjadi keren, menurut Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat sebaiknya dilakukan di bengkel resmi atau spesialis lampu yang sudah terpercaya secara kualitas.

"Pemasangan aksesori elektronik tidak bisa sembarangan karena apabila salah wiring, bisa menyebabkan komputer pada mobil mengalami malfungsi, accu pun menjadi drop bahkan beberapa sensor menjadi malfungsi," ujar Sapta belum lama ini kepada Kompas.com.

Baca juga: Perhatikan Ini Bila Pasang Lampu LED di Kendaraan

Selain itu, pemilik mobil juga bisa melakukan konsultasi kepada orang yang tepat atau ahli dalam hal modifikasi lampu, agar tidak terjadi kesalahan fatal yang dapat merugikan diri sendiri.

Headlamp aftermarket untuk AvanzaSetyo Adi/Otomania Headlamp aftermarket untuk Avanza

"Kalau konsultasi ke mekanik kami (Auto2000) juga bisa karena mereka memiliki pengetahuan yang cukup tinggi untuk urusan mobil," kata Sapta.

Nah, jadi apabila Anda ingin mengganti lampu sebaiknya pertimbangkan lagi dan pastikan tempat atau bengkelnya punya rekam jejak atau kualitas bagus dalam hal memodifikasi lampu mobil.




Close Ads X