Honda Siapkan Teknologi Masa Depan di 2019

Kompas.com - 14/12/2018, 07:22 WIB
The Honda Autonomous Work Vehicle is a prototype off-road vehicle that was designed by Honda R&D Americas to bring efficiencies and increased safety to public, commercial, and consumer enterprises, such as construction, agriculture, search and rescue and firefighting. HPM The Honda Autonomous Work Vehicle is a prototype off-road vehicle that was designed by Honda R&D Americas to bring efficiencies and increased safety to public, commercial, and consumer enterprises, such as construction, agriculture, search and rescue and firefighting.

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda sebagai salah satu produsen kenamaan alat transportasi mengungkapkan akan memperkenalkan teknologi terbaru untuk meningkatkan mobilitas dan kenyamanan sekaligus mengurangi emisi karbon. Ini diungkapkan Honda, yang akan memperlihatkan teknologi tersebut pada ajang Consumer Technology Association ( CES) 2019 di Las Vegas, Amerika Serikat, 8-9 Januari 2019. 

Honda mengungkapkan teknologi ini akan diperlihatkan terkoneksi dalam kabin All New Honda Passport 2019. Selain itu akan disuguhkan uji tabrak off-road pada Honda Autonomous Work Vehicle sebuah kategori kendaraan baru yang dirancang insinyur Honda.

Pada ajang ini juga diperlihatkan hasil kerja Honda Innovations sebagai bagian dari Honda R&D yang akan melakukan debut pertamanya dengan berkolaborasi bersama perusahaan lain melalui program Honda Studio dan Honda Xcelerator.

"Honda tengah mencari partner baru untuk bekerja sama membangun dan melakukan pengetesan pada teknologi terbaru kami. Ajang CES jadi market place pasar B2B merupakan tempat yang cocok untuk menemukan partner yang tepat," ucap CEO Honda Innovations, Nick Sugimoto dalam keterangan resminya, Kamis (13/12/2018).

Baca juga: Lorenzo Berniat Pensiun Sebelum Dapat Tawaran Honda

Nick mengungkapkan melalui inovasi terbuka Honda dapat menciptakan nilai tambah bagi mobilitas manusia, mengakomodasi gaya hidup yang beragam sekaligus mewujudkan lingkungan yang bebas dari kecelakaan.

Teknologi pertama yang dibawa adalah Honda Autonomous Works Vehicle. Di sini Honda akan menggelar uji tabrak sebuah prototipe kendaraan offroad yang mengkombinasikan mobil berjenis ATV dengan teknologi otonom. Teknologi ini diciptakan untuk meningkatkan efisiensi di beberapa sektor yakni konstruki, agrikultur, pencarian dan penyelematan saat bencana dan pemadam kebakaran.

Honda pernah memperlihatkan kendaraan ini dengan nama 3E-D18 dan telah dilakukan tes diberbagai medan. Honda masih mengembangkan kendaraan tersebut dengan menciptakan beberapa alat tambahan untuk memperbanyak kegunaan kendaraan tersebut.

Teknologi Safe Swarm dibuat agar kendaraan mampu berkomunikasi dengan kendaraan lain di sekitarnya, saling berbagi informasi mengenai lokasi dan tingkat kecepatan. Adanya teknologi ini membuat kendaraan dapat melakukan pertimbangan sendiri dalam mencari jalan yang dinilai paling aman.

Honda memperlihatkan teknologi terbarunya di bidang mobilitas pada gelaran CES 2019HPM Honda memperlihatkan teknologi terbarunya di bidang mobilitas pada gelaran CES 2019

Teknologi lainnya adalah teknologi robot yang dinamakan Honda sebagai Honda Predicting Action of the Human (PATH) Bot. Robot ini dapat bermanuver lincah di tempat umum, menggunakan kecerdasan buatan serta beragam teknologi lain untuk melakukan pergerakan tanpa menabrak objek lain.

Teknologi ini digabungkan dengan Honda Omni Traction Drive System untuk memungkinkan robot bergerak ke arah manapun. Ini pernah dibawah Honda ke Indonesai dengan Honda UNI-Cub.

Selanjutnya ada teknologi Wireless Vehicle to Grid (V2G) untuk pengelolaan listrik yang berpotensi menekan jumlah karbon sekaligus memberikan nilai tambah pada konsumen. Teknologi ini membuat pengisian daya listrik dapat dilakukan dua arah yakni dari stasiun pengisian ke mobil listrik dan sebaliknya.

Selain itu Honda juga menunjukkan hasil kolaborasi dengan perusahaan lain. Mereka akan menunjukkan Honda Dream Drive for Driver yang mempermudah pengendara untuk misal melakukan pemesanan restoran dan belanjaan melalui car mobile wallet. Ada juga teknologi untuk penumpang yang memperlihatkan permainan menarik, aplikasi film dan traveling.

Japan-based Nidec-Shimpo Corporation licensed the Honda Omni Traction Drive System for its NEXT S-CART automated guided vehicle.HPM Japan-based Nidec-Shimpo Corporation licensed the Honda Omni Traction Drive System for its NEXT S-CART automated guided vehicle.



Close Ads X