Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Civic Bersolek, Bersiap Masuk Indonesia

Kompas.com - 10/12/2018, 07:02 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

THAILAND, KOMPAS.com - Honda meluncurkan Civic facelift 2019 di ajang Thailand Motor Expo 2018. Civic sedan generasi ke-10 itu bersolek luar-dalam, terutama pada bagian eksterior yang terlihat semakin sporty dan modern.

Melansir laman carspiritpk.com, Senin (10/12/2018), desain baru terlihat pada bemper dibuat lebih rendah, serta penambahan garnish berbalut krom dan piano black di dekat lampu kabut (fog lamp).

Begitu juga bagian belakang, ubahan paling signifikan terjadi pada bagian bemper dan tambahan spoiler di atas bagasi. Selebihnya, tetap sama dengan model pendahulunya.

Ubahan lain terjadi pada desain pelek yang juga terlihat semakin sporty. Bahkan untuk varian VTEC Turbo menggunakan pelek 17 inci, sedangkan versi biasa 16 inci.

Baca juga: Honda Civic Type R, Raih Rekor Kecepatan Baru

Selanjutnya, masuk ke interior. Tata letak kabin masih tetap sama seperti model dulu, hanya saja kontrol kemudi, serta konsol tengah mendapatkan ubahan baru.

Bahkan, untuk fitur hiburan sudah dibekali dengan audio layar sentuh 7 inci yang dilengkapi dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Paling signifikan untuk varian 1.5 Turbo RS, di mana telah menggunakan Honda Sensing.

Honda Civic Facelift Meluncur di Thailanddok.carspiritpk.com Honda Civic Facelift Meluncur di Thailand

Belum lagi tersedia fitur seperti Collision Mitigation Braking System, Adaptive Cruise Control with Low-Speed Follow, Lane Keep Assist System, Road Departure Mitigation System with Lane Departure Warning and Auto High Beam.

Khusus pasar otomotif Thailand, Civic ini tersedia dalam empat varian, yaitu 1.8 E, 1.8 EL, 1.5 Turbo, dan 1.5 Turbo RS. Semua tipe tersebut sudah dibekali dengan Stability Assist (VSA), ABS, EBD, Emergency Stop Signal (ESS), a rearview camera and four airbags.

Varian 1.8 EL dan 1.5 Turbo RS mendapatkan tambahan dua kantung udara dan Honda LaneWatch camera system.

Honda Civic Facelift Meluncur di Thailanddok.carspiritpk.com Honda Civic Facelift Meluncur di Thailand

Urusan jantung pacu, untuk versi facelift ini, mesin bensin 1,8L memiliki tenaga 141 ps dan torsi 174 Nm, sedangkan 1/5- turbocharged menghasilkan daya 173 ps dan torsi maksimum 220 Nm. Kedua mesin tersebut dipadu padankan dengan transmisi CVT.

Civic di Indonesia

Civic sendiri di Indonesia merupakan salah satu sedan terlaris yang dijual PT Honda Prospect Motor (HPM), setelah City. Terakhir, HPM meluncurkan Civic itu dua tahun lalu di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) April 2016.

Biasanya, setelah meluncur di Thailand, tidak lama akan mengaspal juga di Indonesia. Sebab, Negeri Gajah Putih itu merupakan basis produksi untuk sedan yang dijual di Tanah Air.

"Model baru tahun depan ditunggu saja, belum bisa diinformasikan sekarang," ucap Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director Honda Prospect Motor (HPM) ketika dihubungi Kompas.com, Minggu (9/12/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com