Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Saingan, TAF Turunkan Target Pembiayaan

Kompas.com - 02/12/2018, 15:32 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki akhir tahun, proyeksi perusahaan pembiayaan mulai berubah. Ini juga terjadi pada perusahaan pembiayaan Toyota Astra Financial (TAF) yang menurunkan target pembiayaan unitnya di tahun ini.

Perusahaan pembiyaan yang mengkhususkan diri pada merek Toyota, Daihatsu dan Lexus ini sebelumnya menargetkan total 55.000 unit kendaraan untuk dibiayai. Presiden Direktur TAF, Agus Prayitno mengungkapkan pihaknya harus merevisi target tersebut.

“Realisasinya sekitar 50.000 sampai akhir tahun. Kalau kami perusahaan pembiayaan harus bijaksana, bukannya kita harus memaksakan dagang harus sekian. Tidak seperti itu,” ucap Agus yang ditemui Jumat (30/11/2018) lalu.

Menurut Agus, beberapa hal yang membuat targetnya menurun adalah karena semakin banyak pilihan perusahaan pembiayaan yang dapat dipilih oleh konsumen otomotif. Ini yang menjadi alasan mengapa target tahun ini sulit direalisasikan.

Baca juga: Persiapan Toyota Indonesia Menyongsong Revolusi Industri 4.0

“Multi finance makin banyak, suku bunga juga semakin meningkat. Terakhir BI rate juga naik, jadi itu tantangan buat kami juga. Ekspektasi konsumen kan bunga tetap,” ungkap Agus.

Agus mengingatkan sebagai perusahaan pembiayaan pihaknya harus mementingkan kelancaran konsumen dalam membayarkan kewajibannya. Ia tidak ingin perusahaan hanya memikirkan jumlah unit kendaraan yang dibiayai.

“Kalau misal nanti kita paksakan jumlah unit yang dibiayai lalu yang dibiayai tidak mampu bagaimana? Kami tidak seperti itu,” ucap Agus.

Tahun depan, TAF memperkirakan pembiayaan masih di sekitar angka 50 ribuan. TAF sudah mempersiapkan strategi untuk menghadapi tahun depan.

"Kita siapkan paket menarik, lalu menjaga hubungan dengan konsumen. Kita berharap kustomer yang sudah bersama kami akan kembali lagi, ganti mobil di tahun depan. Kita sudah tahu karakter mereka," ucap Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com