Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan Toyota Indonesia Menyongsong Revolusi Industri 4.0

Kompas.com - 29/11/2018, 09:42 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyongsong revolusi industri 4.0, yang menjadi fokus pemerintah, Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) telah melakukan transfer keahlian dan keterampilan kepada para pemasok komponen lokal lapis satu dan dua.

"Kami menjalankan kemitraan yang erat dengan pemasok lokal agar dapat bersama-sama tumbuh dan menignkatkan kualitas. Harapan kami dapat berkontribusi pada peningkatan daya saing industri otomotif," ujar Wakil Presiden Direktur TMMIN Edward Otto Kanter dalam siaran resmi, Kamis (29/11/2018).

Bentuk persiapan ini, dibentuk dalam kegiatan bertajuk Toyota Production System (TPS) Jishuken. Ini merupakan sebuah program yang bertujuan untuk transfer keahlian dan ketrampilan dari Toyota kepada para pemasok lokal.

Baca juga: TMMIN Sabet Dua Penghargaan Bergengsi dari BI

"TMMIN juga merangkul pemasok lapis satu untuk mentransfer pengetahuan ini ke pemasok-pemasok mereka sehingga efek domino dapat tercapai," kata Edward.

Sementara itu, aktivitas TPS Jishuken sendiri diperkenalkan pertama kali pada 2007, dan hingga penyelenggaraannya yang ke-11 telah melakukan aktivitas pengenalan TPS serta pengembangan 18 TPS Leader dari 17 perusahaan pemasok lokal lapis kesatu.

Harapan ke depan, kata Edward sebanyak 40 perusahaan pemasok lokal lapis satu akan terlibat aktif dalam program TPS Jishuken untuk menciptakan 40 TPS Leader.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com