British Petroleum Mulai Jajakan BBM di Indonesia

Kompas.com - 29/11/2018, 07:02 WIB
SPBU British Petroleum (BP) Serpong, resmi dibuka. stanlySPBU British Petroleum (BP) Serpong, resmi dibuka.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain Pertamina, Shell, dan Total, kini British Petroleum (BP) mulai memasarkan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Indonesia. Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum ( SPBU) pertama perusahaan minyak asal Inggris ini, mulai beroperasi di kawasan Serpong, tepatnya di De Latinos, Tangerang.

BP sendiri di Indonesia membuat perusahaan patungan dengan PT AKR Corporindo Tbk, untuk menjalankan bisnis SPBU. Perseroan dengan nama PT Aneka Petronindo Raya (APR) yang beroperasi dengan julukan BP AKR Fuels Retail.

"SPBU pertama BP sudah resmi beroperasi di Serpong. Ini menjadi langkah awal kami memasarkan BBM Retail BP di Indonesia," ucap Ricardo Silaen, Corporate Secretary and Head of Investor Relation AKR Corporindo, saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (28/11/2018).

Menurut Ricardo, selain di Serpong, BP AKR juga sudah menyipkan dua SPBU lain untuk segera beroperasi. Pertama, berada di kawasan Bintaro dengan target sebelum akhir 2018, dan lainnya di Surabaya, Jawa Timur, mulai awal 2019.

SPBU British Petroleum (BP) Serpong, resmi dibuka.stanly SPBU British Petroleum (BP) Serpong, resmi dibuka.
Untuk BBM yang ditawarkan ada empat jenis, yakni BP90, BP92, BP95, dan BP Diesel. Ricardo menjelaskan penyebutan angka merujuk pada Research Octane Number (RON) atau mudah dikenal dengan sebutan oktan pada tiap-tiap BBM yang dipasarkan.

Bila melihat dari tingkat oktannya, semua setara dengan yang dipasarkan oleh PT Pertamina (Persero). Untuk BP90 sama dengan Pertalite, BP92 sekelas Pertamax, sementara BP95 bertemu dengan Pertamax Plus yang sudah tidak lagi dipasarkan Pertamina.

Sedangkan untuk harga per liter diklaim cukup kompetitif. Berikut rinciannya :

- BP90 Rp 10.550/liter
- BP92 Rp 10.800/liter
- BP95 Rp 12.350/liter
- BP Diesel Rp 12.150/liter



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X