Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

British Petroleum Mulai Jajakan BBM di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain Pertamina, Shell, dan Total, kini British Petroleum (BP) mulai memasarkan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Indonesia. Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) pertama perusahaan minyak asal Inggris ini, mulai beroperasi di kawasan Serpong, tepatnya di De Latinos, Tangerang.

BP sendiri di Indonesia membuat perusahaan patungan dengan PT AKR Corporindo Tbk, untuk menjalankan bisnis SPBU. Perseroan dengan nama PT Aneka Petronindo Raya (APR) yang beroperasi dengan julukan BP AKR Fuels Retail.

"SPBU pertama BP sudah resmi beroperasi di Serpong. Ini menjadi langkah awal kami memasarkan BBM Retail BP di Indonesia," ucap Ricardo Silaen, Corporate Secretary and Head of Investor Relation AKR Corporindo, saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (28/11/2018).

Menurut Ricardo, selain di Serpong, BP AKR juga sudah menyipkan dua SPBU lain untuk segera beroperasi. Pertama, berada di kawasan Bintaro dengan target sebelum akhir 2018, dan lainnya di Surabaya, Jawa Timur, mulai awal 2019.

Bila melihat dari tingkat oktannya, semua setara dengan yang dipasarkan oleh PT Pertamina (Persero). Untuk BP90 sama dengan Pertalite, BP92 sekelas Pertamax, sementara BP95 bertemu dengan Pertamax Plus yang sudah tidak lagi dipasarkan Pertamina.

Sedangkan untuk harga per liter diklaim cukup kompetitif. Berikut rinciannya :

- BP90 Rp 10.550/liter
- BP92 Rp 10.800/liter
- BP95 Rp 12.350/liter
- BP Diesel Rp 12.150/liter

https://otomotif.kompas.com/read/2018/11/29/070200115/british-petroleum-mulai-jajakan-bbm-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke