Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biar Tak Tertipu SPBU Nakal, Ini Kapasitas Tangki 11 Mobil Terlaris

Kompas.com - 26/03/2018, 13:50 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Baru saja viral video pemilik mobil Nissan Serena, yang terkejut lantaran hitung-hitungan meteran dispenser SPBU di daerah Condet, Jakarta Timur yang tak sesuai. Bagaimana tidak, kapasitas tangki mobil yang seharusnya hanya 60 liter, bisa mencapai 78 liter.

Ini yang kemudian ramai jadi perbincangan warganet di media sosial. Jadi penting nampaknya untuk mengetahui spesifikasi mobil kita sendiri, dan memantau ketika kendaraan sedang diisi bahan bakarnya, demi ikut mengawasi SPBU yang nakal.

Mudah untuk mencari tahu berapa kapasitas tangki bensin sendiri, bisa dengan melihat di situs resmi masing-masing, melihat Buku Pedoman Pemilik Kendaraan (jika ada), atau bisa menanyakan langsung ke pihak dealer.

Baca juga : Ajaib, Kapasitas Tangki Nissan Serena Jadi 78 Liter di SPBU Ini

Terkait kasus SPBU yang viral tersebut, Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan. Kalau kapasitas tangki bensin yang terdapat pada spesifikasi kendaraan sudah valid.

Hanya saja, memang masih ada kelebihan sedikit dari kapasitas yang ada, tapi disebutkan tidak lebih dari satu liter. Kelebihan BBM tersebut berada pada pipa atau selang-selang saluran dari tangki bensin menuju injector.

“Logikanya tak akan lebih dari satu liter kelebihannya, apalagi sampai 18 liter (seperti pada video viral). Misalnya Terios kapasitasnya 45 liter, ditambah dengan kelebihan BBM yang mengisi saluran dari tangki ke injector, totalnya bisa menjadi 45 plus lebih sedikit,” ujar Anjar kepada Kompas.com, Senin (26/3/2018).

Sebagai gambaran, berikut 11 model terlaris dan kapasitas tangki bahan bakarnya.

Model

Kapasitas Tangki

Xpander

45 Liter

Avanza-Xenia

45 Liter

Agya-Ayla

33 Liter

Mobilio

42 Liter

Ertiga

45 Liter

HR-V 1.5L

40 Liter

Rush-Terios

45 Liter

Brio RS

35 Liter

Sigra-Calya

36 Liter

Ignis

32 Liter

Serena

60 Liter

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com