Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Sediakan "Charging Station" di SPBU Kuningan

Kompas.com - 23/11/2018, 11:53 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada pemandangan berbeda saat singgah di SPBU COCO Pertamina Kuningan, Jakarta Selatan. Pasalnya sudah terdapat empat stasiun pengisian daya listrik yang semuanya telah terinstalasi dan siap untuk digunakan.

Dari pengamatan Kompas.com, keempat charging station yang disediakan merupakan keluaran dari berbagai penyedia pengisian daya. Satu punya BMW, dua milik Bosch, dan satu lagi berlebel Mitsibishi Motor yang telah menjadi milik Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Ketika mengkonfirmasi hal ini ke Vice Presiden Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito, menjelaskan bila charging station tersebut merupakan pilot project PT Pertamina (Persero) dalam program Green Energy Station (GES).

Baca juga: Pertamina dan BMW Pamerkan Dispenser Khusus Mobil Listrik

"Itu pilot project dari GES, saat GIIAS lalu kami sudah umumkan. Sebagai tahap awal sengaja kita letakan di SPBU Kuningan dengan mengandengn BMW, Bosch, dan Kemenperin juga," ucap Adiatma kepada Kompas.com, Jumat (23/11/2018).

Adiatma menjelaskan GES sendiri menjadi jawaban dari Pertamina untuk ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Keberadaan GES akan menjadi bukti bila Pertamina siap untuk menghadapi dan memenuhi kebutuhan kendaraan listrik.

SPBU Kuningan, Jakarta Selatan menjadi pilot project Green Energy Station (GES).stanly SPBU Kuningan, Jakarta Selatan menjadi pilot project Green Energy Station (GES).

Baca juga: Ketua DPR Dukung Insentif Mobil Listrik

Sementara untuk kapan mulai bisa digunakan, menurut Adiatma akan segera diluncurkan secara resmi saat Desember 2018 mendatang. 

"Awalnya September kemarin akan kita luncurkan, tapi karena satu dan lain hal jadi pending sampai 10 Desember nanti. Jadi akan kita resmi luncurkan sekaligus di hari ulang tahun Pertamina," kata Adiatma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com