Performa Mesin 1.2L All New Honda Brio

Kompas.com - 29/10/2018, 09:42 WIB
Tes drive All New Honda Brio di Bali. Brio terbaru hadir dengan beberapa perubahan di eksterior dan interior HPMTes drive All New Honda Brio di Bali. Brio terbaru hadir dengan beberapa perubahan di eksterior dan interior

JAKARTA, KOMPAS.com - All New Brio sudah diperkenalkan Honda pada pameran Agustus lalu. Produk yang merupakan perwujudan Small RS Concept ini ternyata masih menggunakan mesin yang sama dengan model terdahulu.

Mesin 1.2L i-VTEC empat silinder mampu menghasilkan tenaga 90 ps di 6.000 rpm dan torsi 110 Nm pada 4.800 rpm. Honda menawarkan dua pilihan transmisi yakni manual dan CVT.

Dari pengetesan selama beberapa waktu, memang sempat ada rasa pesimistis bagaimana mobil yang bodinya bertambah panjang malah menggunakan mesin lama tanpa peningkatan tenaga. Namun saat digunakan, sedikit demi sedikit hal tersebut terkikis.

Pertama dari performa transmisi CVT Brio terbaru. Cukup responsif terutama di jalanan perkotaan. Mode D pada transmisi ini mampu menterjemahkan keinginan pedal gas, sesuai injakkan pengemudi.

Mode transmisi S dan L juga mampu memenuhi keinginan pengemudi untuk torsi kendaraan. Namun penggunaan model tranmsisi P R N D S L ini (satu jalur) perlu penyesuaian karena kadang perpindahan yang ingin ke D, bablas ke posisi S atau L. 

Komponen Lawas yang Masih Digunakan pada Brio Terbaru

Tes drive All New Honda Brio di Bali. Brio terbaru hadir dengan beberapa perubahan di eksterior dan interiorHPM Tes drive All New Honda Brio di Bali. Brio terbaru hadir dengan beberapa perubahan di eksterior dan interior

Ubahan yang tidak kasat mata dilakukan Honda pada suspensi yakni penggunaan suspensi depan Macpherson Strut dan suspensi belakang H-Shaped Torsion Beam. Honda mengklaim membuat suspensi Brio terbaru lebih kaku untuk mengakomodir pengendalian dan kenyamanan city car tersebut.

Ini terbukti dalam kesempatan menjajal performa mesin 1.2L pada Brio terbaru di arena slalom juga jalanan bebas hambatan. Minim dirasakan gejala body roll dan electric power steering (EPS) membuat keinginan pengemudi dapat diterjemahkan cukup akurat.

Tidak lupa dari segi keamanan, Brio terbaru sudah mengusung fitur ABS EBD di semua varian, i-SRS Airbag untuk penumpang, seat belt dengan load pretensioner, serta head rest terpisah untuk varian RS. All New Brio juga sudah lulus tes tabrak dan mengusung teknologi G-CON Ace untuk rangka.

Kesimpulan

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X