Performa Mesin 1.2L All New Honda Brio - Kompas.com

Performa Mesin 1.2L All New Honda Brio

Kompas.com - 29/10/2018, 09:42 WIB
Tes drive All New Honda Brio di Bali. Brio terbaru hadir dengan beberapa perubahan di eksterior dan interiorHPM Tes drive All New Honda Brio di Bali. Brio terbaru hadir dengan beberapa perubahan di eksterior dan interior

JAKARTA, KOMPAS.com - All New Brio sudah diperkenalkan Honda pada pameran Agustus lalu. Produk yang merupakan perwujudan Small RS Concept ini ternyata masih menggunakan mesin yang sama dengan model terdahulu.

Mesin 1.2L i-VTEC empat silinder mampu menghasilkan tenaga 90 ps di 6.000 rpm dan torsi 110 Nm pada 4.800 rpm. Honda menawarkan dua pilihan transmisi yakni manual dan CVT.

Dari pengetesan selama beberapa waktu, memang sempat ada rasa pesimistis bagaimana mobil yang bodinya bertambah panjang malah menggunakan mesin lama tanpa peningkatan tenaga. Namun saat digunakan, sedikit demi sedikit hal tersebut terkikis.

Pertama dari performa transmisi CVT Brio terbaru. Cukup responsif terutama di jalanan perkotaan. Mode D pada transmisi ini mampu menterjemahkan keinginan pedal gas, sesuai injakkan pengemudi.

Mode transmisi S dan L juga mampu memenuhi keinginan pengemudi untuk torsi kendaraan. Namun penggunaan model tranmsisi P R N D S L ini (satu jalur) perlu penyesuaian karena kadang perpindahan yang ingin ke D, bablas ke posisi S atau L. 

Baca juga: Komponen Lawas yang Masih Digunakan pada Brio Terbaru

Tes drive All New Honda Brio di Bali. Brio terbaru hadir dengan beberapa perubahan di eksterior dan interiorHPM Tes drive All New Honda Brio di Bali. Brio terbaru hadir dengan beberapa perubahan di eksterior dan interior

Ubahan yang tidak kasat mata dilakukan Honda pada suspensi yakni penggunaan suspensi depan Macpherson Strut dan suspensi belakang H-Shaped Torsion Beam. Honda mengklaim membuat suspensi Brio terbaru lebih kaku untuk mengakomodir pengendalian dan kenyamanan city car tersebut.

Ini terbukti dalam kesempatan menjajal performa mesin 1.2L pada Brio terbaru di arena slalom juga jalanan bebas hambatan. Minim dirasakan gejala body roll dan electric power steering (EPS) membuat keinginan pengemudi dapat diterjemahkan cukup akurat.

Tidak lupa dari segi keamanan, Brio terbaru sudah mengusung fitur ABS EBD di semua varian, i-SRS Airbag untuk penumpang, seat belt dengan load pretensioner, serta head rest terpisah untuk varian RS. All New Brio juga sudah lulus tes tabrak dan mengusung teknologi G-CON Ace untuk rangka.

Kesimpulan

Honda memberikan pilihan model yang patut diperhitungkan bagi para first buyer produk kendaraan roda empat. Terutama untuk keluarga baru, anak muda, sebab dari segi desain cukup menjawab kebutuhan mereka.

Meski dari segi mesin tidak ada penambahan tenaga sama sekali, Honda sudah mengkompensasikannya dengan feeling berkendara yang masih menyenangkan dan juga ukuran kabin yang lebih luas.

All New Honda Brio ditawarkan dalam lima varian, tiga diantaranya termasuk dalam skema kendaraan murah yakni Satya. Harga Brio terbaru ini dibanderol mulai Rp 139 juta sampai Rp 190 juta.

Beberapa perubahan yang diberikan Honda untuk Brio terbaru ini terasa cukup bisa diterima dengan harga yang ditawarkan. Model yang dirasa akan banyak dilirik adalah Satya E CVT yang dibanderol Rp 162,5 juta. Selain masih berada pada skema mobil murah, dari segi fitur sudah menyandang kelebihan All New Brio yang juga terdapat di RS kecuali dari segi kosmetik seperti velg dan jok.


 



Close Ads X