Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Brio Jadi Model Kedua Honda Indonesia yang Diekspor

Kompas.com - 25/10/2018, 09:42 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) mengumumkan rencana ekspor All New Brio, yang akan dilakukan pada paruh pertama 2019. Langkah ini sekaligus menambah portofolio Honda Indonesia dalam melakukan ekspor mobil.

Model pertama yang diekspor Honda, yaitu Freed pada 2012. Namun karena produksinya sudah dihentikan, maka kegiatan pengiriman unit utuh ke luar negeri juga berhenti pada 2016.

Ketika itu, HPM mengekspor Freed ke dua negara, yaitu Singapura dan Brunei Darussalam. Honda Indonesia memang tidak banyak mengekspor mobil, merek otomotif asal Jepang itu lebih fokus ekspor komponen.

"Sekarang ini ekspor komponen juga masih kita lakukan meski akan ekspor All New Brio," ujar Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT HPM Jonfis Fandy kepada Kompas.com, Rabu (24/10/2018).

Baca juga: Apakah Honda Siapkan Dua Mesin Berbeda untuk Brio?

Melalui keterangan resmi, Brio generasi kedua ini akan diekspor ke berbagai negara di kawasan Asia Tenggara. Namun, negara tujuan pertama, yaitu Vietnam.

Honda mengajak media untuk menjajal segala perubahan All New Brio di BaliKompas.com/Setyo Adi Honda mengajak media untuk menjajal segala perubahan All New Brio di Bali

Brio generasi kedua ini memang diproduksi di pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat. Secara kualitas diklaim memiliki standar internasional, sehingga mampu memenuhi kebutuhan konsumen di berbagai negara.

Fokus Ekspor Komponen

Perlu diketahui, bahwa HPM itu sejak belasan tahun silam memang lebih fokus melakukan ekspor komponen. Komponen yang diekspor seperti silinder head, hingga onderdil lain yang berhubungan pada sektor jantung pacu.

Secara total ada 12 negara yang dituju, seperti Malaysia, Thailand, Turki, Pakistan, Filipina, Taiwan, Vietnam, Meksiko, Jepang, Brazil, dan Argentina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com