Gaya Mengemudi Bisa Mempengaruhi Konsumsi BBM

Kompas.com - 28/10/2018, 08:42 WIB
Wanita Arab Saudi sedang mengemudi. elanthemag.comWanita Arab Saudi sedang mengemudi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengemudi perlu tahu bahwa prilaku berkendara bisa mempengaruhi konsumsi bahan bakar minyak (BBM). Misal, jika mengemudikan mobil selalu menginjak pedal gas dalam, akan menjadi boros, begitu juga sebaliknya.

Oleh sebab itu, menurut Sapta Agung Nugraha, Service Head Auto2000 cabang Pramuka, mengatakan, jika ingin irit BBM maka gaya mengemudi pun harus disesuaikan.

Sapta mencontohkan, ketika menginjak pedal gas jangan langsung diinjak dalam, tetapi sedikit diurut. Selain itu, apabila menggunakan mobil bertransmisi matik, selalu memposisikan tuas transmisi ke posisi netral.

Baca juga: Tips Berkendara Agar Mobil Irit BBM

"Kalau tidak seperti itu, konsumsi BBM akan lebih boros. Jangan ugal-ugalan juga, karena pengeluaran BBM akan semakin banyak juga," ucap Sapta ketika dihubungi Kompas.com pekan lalu.

Selain itu, kata Sapta apabila di jalan Tol pertahankan putaran mesin di bawah 3.000 RPM. Contoh, kecepatan 70-80 kpj dengan 2.500 RPM.

"Itu juga akan membantu konsumsi BBM menjadi lebih irit. Kalau selalu di atas 3.000 RPM, akan boros," ucap Sapta.

Nah, jadi buat pengemudi yang mau irit BBM bisa melakukan praktik atau gaya mengemudi seperti ini.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X