Balap Seperti "Suzuka 8 Hours" Mau Digelar di Sentul

Kompas.com - 26/09/2018, 11:22 WIB
Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akan menggelar event balap bertajuk Yamaha Endurance Festival 2018 di Sirkuit Sentul, Bogor pada 29-30 September. Yamaha IndonesiaYamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akan menggelar event balap bertajuk Yamaha Endurance Festival 2018 di Sirkuit Sentul, Bogor pada 29-30 September.
Penulis Alsadad Rudi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akan menggelar event balap bertajuk Yamaha Endurance Festival 2018 di Sirkuit Sentul, Bogor pada 29-30 September akhir pekan ini. Yamaha Endurance Festival merupakan event balap untuk uji ketahanan yang terinspirasi dari Suzuka 8 Hours.

YIMM menyatakan Yamaha Endurance Festival jadi kompetisi endurance selama 1-2 jam yang pertama kali dihadirkan pabrikan di tanah air. Pada ajang ini, cara start akan mengadopsi seperti balap uji ketahanan Le Mans 24 Hours.

Nantinya para pebalap akan memulai start dengan berdiri di samping trek, berseberangan dengan motor yang telah disusun sesuai dengan hasil grid position. Ketika lampu start padam dan sirine menyala, para rider harus berlari ke motornya dan menghidupkan mesin untuk memulai balapan. Sementara itu untuk pengisian bahan bakar, pebalap akan diwajibkan masuk ke area paddock (out of the fuel).

Baca juga: Untuk Keempat Kalinya, Yamaha Menangi Suzuka 8 Hours

Yamaha Sunday Race 2018 seri 2 resmi dibuka di Sirkuit Internasional Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (6/5/2018).KOMPAS.com/NUGYASA LAKSAMANA Yamaha Sunday Race 2018 seri 2 resmi dibuka di Sirkuit Internasional Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (6/5/2018).

"Yamaha Endurance Festival 2018 akan menjadi pengalaman berbeda dan spesial bagi para teman-teman komunitas ataupun pebalap profesional yang ambil bagian. Tentu saja ini merupakan langkah inovatif karena event tersebut baru pertama kali dilakukan oleh pabrikan motor di Indonesia," kata General Manager After Sales and Motorsport YIMM Muhammad Abidin melalui keterangan tertulis Yamaha Racing Indonesia, Selasa (25/9/2018).

Peserta balap Yamaha Endurance Festival akan terbagi atas beberapa kelompok, masing-masing Comm Pro, Comm A, dan Comm B. Pengelompokannya akan mengacu data pada penyelenggaraan Yamaha Sunday Race 2018.

Baca juga: Ferrari “Gerah” dengan F1, Bidik Le Mans 24 jam

Untuk regulasi lomba, balap ini akan menghadirkan tiga kategori kelas, yaitu Open Class 250 cc (2 hour); Community 250 cc (1 hour); dan kelas Community 150 cc (1 hour).



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X