Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balap Seperti "Suzuka 8 Hours" Mau Digelar di Sentul

Kompas.com - 26/09/2018, 11:22 WIB
Alsadad Rudi,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akan menggelar event balap bertajuk Yamaha Endurance Festival 2018 di Sirkuit Sentul, Bogor pada 29-30 September akhir pekan ini. Yamaha Endurance Festival merupakan event balap untuk uji ketahanan yang terinspirasi dari Suzuka 8 Hours.

YIMM menyatakan Yamaha Endurance Festival jadi kompetisi endurance selama 1-2 jam yang pertama kali dihadirkan pabrikan di tanah air. Pada ajang ini, cara start akan mengadopsi seperti balap uji ketahanan Le Mans 24 Hours.

Nantinya para pebalap akan memulai start dengan berdiri di samping trek, berseberangan dengan motor yang telah disusun sesuai dengan hasil grid position. Ketika lampu start padam dan sirine menyala, para rider harus berlari ke motornya dan menghidupkan mesin untuk memulai balapan. Sementara itu untuk pengisian bahan bakar, pebalap akan diwajibkan masuk ke area paddock (out of the fuel).

Baca juga: Untuk Keempat Kalinya, Yamaha Menangi Suzuka 8 Hours

Yamaha Sunday Race 2018 seri 2 resmi dibuka di Sirkuit Internasional Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (6/5/2018).KOMPAS.com/NUGYASA LAKSAMANA Yamaha Sunday Race 2018 seri 2 resmi dibuka di Sirkuit Internasional Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (6/5/2018).

"Yamaha Endurance Festival 2018 akan menjadi pengalaman berbeda dan spesial bagi para teman-teman komunitas ataupun pebalap profesional yang ambil bagian. Tentu saja ini merupakan langkah inovatif karena event tersebut baru pertama kali dilakukan oleh pabrikan motor di Indonesia," kata General Manager After Sales and Motorsport YIMM Muhammad Abidin melalui keterangan tertulis Yamaha Racing Indonesia, Selasa (25/9/2018).

Peserta balap Yamaha Endurance Festival akan terbagi atas beberapa kelompok, masing-masing Comm Pro, Comm A, dan Comm B. Pengelompokannya akan mengacu data pada penyelenggaraan Yamaha Sunday Race 2018.

Baca juga: Ferrari “Gerah” dengan F1, Bidik Le Mans 24 jam

Untuk regulasi lomba, balap ini akan menghadirkan tiga kategori kelas, yaitu Open Class 250 cc (2 hour); Community 250 cc (1 hour); dan kelas Community 150 cc (1 hour).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com