Cegah Jok Motor supaya Tidak Cepat Rusak Kena Hujan

Kompas.com - 21/09/2018, 14:44 WIB

Jakarta, Kompas.com — Paparan panas matahari dan guyuran hujan yang terus menerpa jok motor tenyata bisa memangkas usia pelapisnya.

Web Development Manager PT Polystar International Edi Pamungkas menuturkan, ada beberapa cara agar jok motor tidak cepat rusak. Pertama, kalau bisa cari lahan parkir yang ada atapnya.

Baca juga: Selain Byson, Suspensi Ini Juga Laris untuk Motor Custom

"Seperti itu yang menjadikan jok cepat rusak karena lapisan jok, apalagi yang menggunakan kulit atau sintetis yang palsu, bisa cepat rusak atau pudar warnanya," ujar Edi.

Cara kedua, jika terpaksa parkir pada area atap terbuka, sebaiknya persiapkan penutup jok. Namun, usahakan punya bahan pastik sehingga air tidak mudah tembus ke permukaan jok kulit.

"Kalau bukan plastik, air hujan tetap bisa rembes ke pelapis jok bahkan hingga busa. Kalau musim kemarau, bisa juga menggunakan bahan lain, asalkan jok itu terlindungi dari sorotan sinar matahari," kata Edi.

Baca juga: Nasib Garansi Motor 4-tak yang Pakai Knalpot 2-tak

Menurut Edi, jika dibiarkan dalam waktu dua tahun pasti sudah ada kulit atau sintetis yang merekah. Bahkan, paling buruk bisa sobek dan warnanya pudar.

"Kalau kita lindungi sejak awal paling tidak umurnya bisa lebih dari itu," ucap Edi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.