Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Jok Motor supaya Tidak Cepat Rusak Kena Hujan

Kompas.com - 21/09/2018, 14:44 WIB
Aris F Harvenda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, Kompas.com — Paparan panas matahari dan guyuran hujan yang terus menerpa jok motor tenyata bisa memangkas usia pelapisnya.

Web Development Manager PT Polystar International Edi Pamungkas menuturkan, ada beberapa cara agar jok motor tidak cepat rusak. Pertama, kalau bisa cari lahan parkir yang ada atapnya.

Baca juga: Selain Byson, Suspensi Ini Juga Laris untuk Motor Custom

"Seperti itu yang menjadikan jok cepat rusak karena lapisan jok, apalagi yang menggunakan kulit atau sintetis yang palsu, bisa cepat rusak atau pudar warnanya," ujar Edi.

Cara kedua, jika terpaksa parkir pada area atap terbuka, sebaiknya persiapkan penutup jok. Namun, usahakan punya bahan pastik sehingga air tidak mudah tembus ke permukaan jok kulit.

"Kalau bukan plastik, air hujan tetap bisa rembes ke pelapis jok bahkan hingga busa. Kalau musim kemarau, bisa juga menggunakan bahan lain, asalkan jok itu terlindungi dari sorotan sinar matahari," kata Edi.

Baca juga: Nasib Garansi Motor 4-tak yang Pakai Knalpot 2-tak

Menurut Edi, jika dibiarkan dalam waktu dua tahun pasti sudah ada kulit atau sintetis yang merekah. Bahkan, paling buruk bisa sobek dan warnanya pudar.

"Kalau kita lindungi sejak awal paling tidak umurnya bisa lebih dari itu," ucap Edi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com