Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Motor 4-tak Pakai Knalpot 2-tak, Ini Akibatnya

Kompas.com - 19/09/2018, 07:22 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comModifikasi sah-sah saja dilakukan para pemilik kendaraan. Tapi, ada juga yang sedikit "nyeleneh" dari modifikasi yang tengah viral belakangan ini.

Dari postingan beberapa akun Instagram, pemilik skutik tengah gandrung memodifikasi bagian knalpot motor mereka dengan knalpot sepeda motor 2-tak. Ini terlihat dari bagian knalpot yang berbeda dan muffler knalpot yang lebih kecil dibanding knalpot motor 4-tak.

Tapi apa bisa knalpot 2-tak digunakan di sepeda motor skutik yang merupakan motor 4-tak? General Manager Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Wedijanto Widarso coba menjelaskan.

"Sebenarnya desain knalpot motor sangat memengaruhi performa dan emisi dari motor. Sama-sama knalpot motor 4-tak saja desainnya berbeda untuk tiap tipe motor," ujar Wedijanto saat dihubungi Kompas.com, Selasa (17/9/2018).

Knalpot 2-tak erat kaitannya dengan proses mesin ini bekerja. Mesin bekerja dalam satu siklus kerja di mana langkah kompresi sekaligus langkah mengisap bahan bakar dan udara. Ketika terbakar, gas buang keluar bersama dengan udara segar. Untuk mengisap kembali udara ini, maka dibuat konstruksi knalpot yang menggunakan chamber.

Baca juga: Kenapa Motor 2-Tak Identik dengan Banyak Asap?

Ragam knalpot racing untuk sepeda motorSetyo Adi/Otomania Ragam knalpot racing untuk sepeda motor

Chamber  berfungsi untuk memantulkan gas buang dari mesin 2-tak agar mendapatkan tenaga sehingga ukuran besar kecil chamber menentukan tenaga mesin. Semakin kecil ukuran chamber karakter tenaga motor kuat di putaran bawah, makin besar maka tenaga keluar di RPM tinggi.

Wedijanto menjelaskan, pada motor 4-tak tidak dibutuhkan perut knalpot atau chamber yang ada seperti di motor 2-tak. Bagian knalpot motor 4-tak hanya memerlukan header atau leher dan silincer atau peredam.

"Efeknya apa, kemungkinan tenaga turun. Karena kalau mengurut prosesnya, gas buang harusnya dibuang langsung, ini malah ditampung dulu," ucap Wedijanto.

Postingan modifikasi ini pun mendapat tanggapan banyak warganet. Banyak yang menyayangkan keputusan pemilik skutik tersebut menggunakan knalpot tersebut sebab motor yang digunakan masih terhitung baru. Ada juga yang mengungkapkan pengguna skutik berknalpot 2-tak belum bisa beralih ke mesin 4-tak.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Penampakan motor baru nih Honda Vario 150 mesin 2Tak... ????????

A post shared by Agoez Bandz (@agoez_bandz) on Sep 17, 2018 at 7:17am PDT

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com